Selasa, 20 Agustus 2019

Penelitian Ungkap Perbedaan Karakter Alami dari Anak Sulung dan Bungsu

Perbedaan yang paling signifikan adalah dalam merasakan beban tanggung jawab.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Ilustrasi kakak dan adik. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi kakak dan adik. (Pixabay/Pexels)

Himedik.com - Banyak yang tidak menyadarinya, ternyata terdapat perbedaan mendasar karakter alami antara anak sulung dengan anak bungsu.

Dalam penelitian, YouGov UK mengungkapkan, anak tertua dalam keluarga lebih merasakan tanggung jawab yang lebih besar, sedangkan anak bungsu memiliki 'ruang bernapas' lebih banyak.

Penelitian ini menganalisis 1.782 saudara kandung pertama dan terakhir dalam keluarga di Inggris (sebanyak 86% dari populasi) tentang perbedaan yang jelas dalam kepribadian.

Perbedaan yang paling signifikan adalah dalam merasakan beban tanggung jawab, sebagian besar (54%) anak pertama mengatakan mereka lebih bertanggung jawab daripada saudara kandung mereka, dibandingkan dengan 31% dari anak terakhir.

Kakak adik bermain (Shutterstock)

Sebaliknya, saudara yang lebih muda mengatakan mereka cenderung lebih lucu (46% lebih tinggi dibanding 36% saudara yang lebih tua), lebih santai dan lebih mudah bergaul.

Studi ini juga menambahkan, kekuatan keluarga juga berpengaruh di sini. Perhatian keluarga akan beralih pada 'pendatang baru' dan anak sulung harus mempelajari hal itu sendiri.

Sebagai bukti, saudara yang lebih tua cenderung merasa lebih teratur dan mampu memprioritaskan kehidupan mereka sendiri. Demikian juga, adik-adik yang lebih muda cenderung merasa lebih disukai oleh orang tua mereka.

Sedangkan penelitian lain yang dilakukan pada 2015 menemukan, anak tertua dinilai paling cerdas. Dan setiap saudara kandung sedikit kurang cerdas.

Peneliti Universitas Leipzig menganalisis data dari hasil tes IQ dan kepribadian dalam tiga studi nasional lebih dari 20.000 orang, termasuk yang dari Inggris.

Analisis ini menunjukkan penurunan yang jelas dalam IQ dan persepsi kecerdasan dari masing-masing anak yang lebih muda, seperti yang dilansir dari The Sun.

Namun, penelitian ini tidak menunjukkan perbedaan dalam kepribadian, meskipun studi sebelumnya menemukan bahwa urutan kelahiran memengaruhi karakter.

Terkait

Terkini