Senin, 16 September 2019

Jus Nanas hingga Tomat, Minuman Ini Ampuh Atasi Tekanan Darah Tinggi

Peningkatan tekanan darah arteri juga terkait dengan harapan hidup yang lebih pendek.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Jus sayur. (pixabay/PhotoMIX-Company)
Jus sayur. (pixabay/PhotoMIX-Company)

Himedik.com - Hipertensi atau meningkatnya tekanan darah di arteri bisa menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Sehingga penyakit ini bisa meningkatkan risiko penyakit stroke, serangan jantung, gagal jantung, aneurisma arteri hingga ginjal kronik.

Bahkan peningkatan tekanan darah arteri juga terkait dengan harapan hidup yang lebih pendek.

Salah satu cara mencegah terjadinya komplikasi akibat tekanan darah tinggi dengan memperbaiki pola makan dan gaya hidup.

Seseorang dengan tekanan darah tinggi bisa memulainya dengan mengonsumsi beberapa macam jus buah dan sayuran ini sehari-hari.

1. Jus nanas

Melansir dari resperate.com, jus nanas dapat mengurangi hipertensi karena mengandung kalium tinggi dan rendah natrium. Proporsi kalium dan natrium yang imbang inilah cara terbaik untuk memerangi tekanan darah tinggi.

Ilustrasi cek tekanan darah. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi cek tekanan darah. (pixabay/rawpixel)

 

2. Jus seledri

Jus seledri mengandung senyawa 3-n-butylphtalide atau phthalide yang berkontribusi terhadap rasa dan aroma sayuran.

Phthalide sebagai zat kimia yang memengaruhi tubuh membantu mengendurkan otot polos di dinding pembuluh darah. Menurut Info Tekanan Darah Tinggi, tekanan darah seseorang bisa menurun jika pembuluh darah melebar dan memungkinkan darah mengalir lebih lancar.

3. Jus delima

Percobaan klinis baru-baru ini telah menemukan bahwa jus buah delima hanya 2 ons sehari dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi plak di arteri. Jus delima ini telah dipercaya sejak lama untuk mengatasi hipertensi.

4. Jus Tomat

Penelitian yang dilansir dari Daily Star mengatakan jus tomat dapat mengontrol tekanan darah dan mengurangi kolesterol. Dalam studi yang melibat 481 orang di Jepang untuk mengonsumsi jus tomat selama setahun menunjukkan hasil yang baik.

Tekanan darah tinggi pada  94 orang menurun sebanyak 3 persen tanpa melakukan pengobatan apapun, cukup minum jus tomat secara rutin setiap hari.

Lalu kadar kolesterol tubuh pada 125 peserta juga menurun sebanyak 3,3 persen engan minum jus tomat. Artinya, mereka juga menurunkan risiko mengalami serangan jantung dan stroke.

Terkait

Terkini