Info

Tak Hanya Usir Kesepian, Punya Banyak Teman Bermanfaat untuk Kesehatan

Pergaulan memberikan efek positif pada kesehatan fisik seseorang.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Curhat dengan teman. (pixabay)
Curhat dengan teman. (pixabay)

Himedik.com -  Ternyata memiliki banyak teman, tidak hanya membuat kita senang, tetapi bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental

Melansir dari brightside.com, teman membantu kita mengembangkan keterampilan menempatkan diri pada posisi orang lain. Sehingga kita bisa menjadi orang lebih berempati dan memahami orang lain.

Dalam kondisi inilah membantu kita membuang pikiran negatif yang tidak baik untuk kondisi psikologis.

Teman juga membantu kita mengevaluasi berbagai hal secara visual atau lebih tepatnya mudah menerima tantangan.

Menurut sebuah penelitian orang yang berdiri di tebing curam bersama teman-temannya mungkin merasa itu tidak terlalu curam, berbeda dengan orang yang berisi sendirian.

Ilustrasi persahabatan lelaki. [Shutterstock]
Ilustrasi persahabatan lelaki. [Shutterstock]

Selain itu, pergaulan juga memberikan efek positif pada kesehatan fisik seseorang. Sebuah studi menemukan bahwa indeks massa tubuh, tekanan darah dan indikator buruk lainnya juga dipicu dari rasa kesepian.

Karena itu, orang-orang yang mudah bergaul atau memiliki teman baik berisiko lebih rendah mengalami peradangan.

Teman dekat juga sumber kekuatan bagi diri kita yang membantu mengurangi risiko kematian dini. Pasalnya, teman yang baik akan selalu membantu kita dalam kondisi stres.

Sebab, diam di tempat sendiri seperti terisolasi dan rasa kesepian justru membuatnya stres parah. Stres yang berkelanjutan inilah bisa menyebabkan sejumlah penyakit.

Menurut sebuah penelitian, orang tua yang merasa kesepian juga memiliki risiko tinggi demensia. Fungsi kognitif bisa menjadi lebih buruk ketika tidak ada hubungan sosial.

Padahal kehadiran teman-teman membantu kita berkembang dan mengenal banyak hal baru. Karena itu, peneliti menyarankan agar seseorang lebih sering bergaul demi kondisi kesehatannya.

Berita Terkait

Berita Terkini