Info

Perlu Diwaspadai! 7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Penglihatan

Tanpa kita sadari, kebiasaan sehari-hari ini bisa merusak kesehatan mata.

Vika Widiastuti

Penyakit mata merah. (shutterstock)
Penyakit mata merah. (shutterstock)

Himedik.com - Perubahan penglihatan kerap kali terjadi tanpa kita sadari. Selain akibat faktor usia, ternyata kebiasaan sehari-hari yang kerap kita lakukan ada yang bisa merusak kesehatan mata

Dilansir dari timesofindia, berikut beberapa perilaku yang bisa membahayakan mata tanpa kita sadari.

1. Lupa pakai kacamata hitam

Saat terburu-buru keluar rumah pada cuaca panas, kita terkadang lupa memakai kacamata hitam atau bahkan kerap tidak tidak memakai sama sekali karena kebiasan. Namun, hal ini ternyata bisa merusak penglihatan dalam jangka panjang.

Paparan sinar ultra-violet dapat membuat mata bermasalah, seperti katarak. Jadi, selalu gunakan kacamata hitam untuk menghalangi sinar UV saat berada di luar ruangan. Jika Anda menggunakan lensa kontak, pilihlah yang mengandung perlindungan sinar UV.

2. Penggunaan lensa kontak yang terlalu lama

Beberapa orang menggunakan lensa kontak sepanjang hari, bahkan saat tidur malam hari. Padahal nyatanya, mengenakan lensa kontak terus menerus selama dua hari berturut-turut bisa meningkatkan kemungkinan infeksi di mata.

Selain itu, berbagi lensa kontak dengan orang lain dan tidak mengganti wadah lensa kontak bisa merusak penglihatan.

Ilustrasi lensa kontak. (Shutterstock)
Ilustrasi lensa kontak. (Shutterstock)

3. Sering mengucek mata

Mengucek mata tampak tak berbahaya, tetapi ternyata hal ini bisa menyebarkan kotoran dan bakteri di mata Anda.

Lebih parah, hal ini bisa menyebabkan mata merah dan bahkan menyebabkan kerusakan permanen pada kornea. Nah, jika Anda merasa ada sesuatu di dalam mata, percikkan air ke dalam mata daripada menggosoknya.

4. Menggunakan makeup kedaluwarsa

Produk makeup memiliki tanggal kedaluwarsa karena alasan tertentu. Jadi menggunakannya di luar tanggal kedaluwarsa bisa berbahaya. Riasan dari makeup yang kedaluwarsa bisa menyebabkan iritasi mata dan menyebabkan infeksi. Para ahli mengatakan, Anda seharusnya tidak menyimpan produk makeup mata lebih dari 9 bulan.

5. Menggunakan gadget sepanjang hari

Apakah mata Anda merasa lelah setelah terlalu lama menatap layar ponsel atau laptop? Nah, ternyata cahaya yang dipancarkan layar gadget membuat mata Anda kering dan mengurangi produksi air. Hal ini bisa menyebabkan penglihatan kabur dan kurang jelas.

Ilustrasi bermain gadget. (pixabay/StockSnap)
Ilustrasi bermain gadget. (pixabay/StockSnap)

6. Tidak rutin mengunjungi dokter

Sebagian besar orang hanya mengunjungi dokter mata ketika mereka mengalami masalah besar. Namun, sebenarnya mulailah merawat mata Anda sejak usia dini.

Hal tersebut akan mengurangi risiko komplikasi masalah mata. Bahkan jika Anda tidak memiliki masalah dalam membaca atau bekerja, masih ada kemungkinan bahwa Anda mengalami masalah mata tanpa menyadarinya.

7. Memberi obat tetes tanpa konsultasi dengan dokter

Mata merah umum terjadi setelah begadang atau akibat jam kerja yang panjang. Pada akhirnya, orang memutuskan untuk memakai obat tetas mata tanpa konsultasi dengan dokter. Padahal penggunaan berlebihan justru bisa menyebabkan kerusakan pada mata.

Berita Terkait

Berita Terkini