Info

Selain Glioblastoma, Kenali Jenis Lain Kanker Otak

Selain Glioblastoma, kanker otak yang diidap Agung Hercules, ada jenis kanker otak lainnya.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Agung Hercules (Instagram @agunghercules88)
Agung Hercules (Instagram @agunghercules88)

Himedik.com - Agung Herkules kini sedang menjalani perawatan di RSUD Kota Tangerang, Banten karena menderita kanker otak glioblastoma. Ia pun kini tampak kurus. 

Tubuh serta otot kekar yang dulu identik dengan dirinya kini telah berubah. Salah seorang sahabatnya, Ozy Syahputra, mengaku sudah melihat gejala kanker ganas ini sejak setahun yang lalu saat Agung akan manggung.

"Sudah lama banget kita pernah syuting bareng pernah acara bareng. Jadi sudah lama banget. Dan terakhir dia bilang sedang sakit waktu itu nggak bisa jalan," kata Ozy Syahputra saat ditemui di Gedung Nyi Ageng Serang, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (17/6/2019).

Kata Ozy Syahputra, saat itu Agung Hercules meminta kepada panitia untuk meninggalkan lokasi acara karena mengeluh sakit.

Agung Hercules mengidap tumor otak (Instagram/mir4r4h4yu)
Agung Hercules mengidap tumor otak (Instagram/mir4r4h4yu)

Kanker otak, tidak hanya glioblastoma saja. Ada beberapa jenis kanker otak lainnya.

Menurut National Brain Tumor Society, tumor otak memiliki lebih dari 120 jenis. Beberapa tumor otak, seperti glioblastoma multiforme, ganas dan mungkin tumbuh cepat. Jenis tumor otak lainnya, seperti meningioma, mungkin tumbuh lambat dan jinak.

Tumor otak primer terbentuk dalam sel-sel otak dan dikategorikan berdasarkan jenis sel atau di mana di otak mereka pertama kali berkembang, melansir Cancer Center.

Misalnya, astrositoma terbentuk dalam sel berbentuk bintang yang disebut astrosit. Tumor hipofisis ditemukan di kelenjar hipofisis di bagian bawah otak.

Tumor otak primer yang paling umum disebut glioma, yang berasal dari jaringan glial (suportif). Sekitar sepertiga dari semua tumor otak primer dan tumor sistem saraf lainnya terbentuk dari sel glial.

Tapi tidak semua tumor otak adalah kanker, meski sebagian besar tumor otak bersifat kanker.

Misalnya, lebih dari setengah dari semua glioma yang didiagnosis pada orang dewasa adalah glioblastoma, suatu bentuk kanker otak yang sangat agresif.

Ependymoma dan oligodendroglioma juga merupakan jenis tumor otak yang mungkin ganas. Tetapi tidak semua tumor otak akan menjadi kanker. 

Berikut beberapa jenis kanker otak lain selain yang diidap Agung Hercules.

1. Astrositoma

Kanker yang juga dikenal tumor SSP ini timbul di mana saja di otak atau sumsum tulang belakang dan berkembang dari sel-sel kecil berbentuk bintang yang disebut astrosit.

Pada orang dewasa, astrositoma paling sering terjadi di otak besar, bagian terbesar otak.

Padahal, otak besar ini mengendalikan seseorang dalam bicara, gerakan dan emosi, serta membaca, berpikir, dan belajar.

2. Glioblastoma multifore

Inilah kanker yang menyerang Agung Hercules. Kanker ini juga dikenal dengan GBM atau astrocytoma grade IV.

Masih satu jenis dengan kanker otak SSP, tetapi jenis tumor ini tumbuh lebih cepat dan agresif yang terbentuk pada jaringan pendukung otak.

Glioblastoma adalah kanker otak grade IV yang paling umum.

Glioblastoma dapat muncul di setiap lobus otak, tetapi mereka berkembang lebih umum di lobus frontal dan temporal. Kanker ini biasanya menyerang orang dewasa.

3. Meningioma

Tumor ini berkembang di sel-sel membran yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Sebagian besar tumor ini bersifat jinak (non-kanker dan tumbuh lambat).

Meningioma biasanya diangkat dengan operasi . Beberapa meningioma mungkin tidak memerlukan perawatan segera dan mungkin tetap tidak terdeteksi selama bertahun-tahun.

Sebagian besar meningioma didiagnosis pada wanita berusia antara 30 dan 50 tahun.

Berita Terkait

Berita Terkini