Selasa, 23 Juli 2019

Gejala Sakit Kepala Biasa dan Akibat Tumor Otak Berbeda, Ini Cirinya!

Kenali perbedaan sakit kepala akibat tumor otak, ternyata ini beberapa perbedaannya dengan sakit kepala biasa.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
ilustrasi sakit kepala - (Pixabay/Berzin)
ilustrasi sakit kepala - (Pixabay/Berzin)

Himedik.com - Sakit kepala memang salah satu gejala tumor atau kanker otak. Tetapi, tidak semua jenis sakit kepala pasti menandakan masalah serius di area otak Anda.

Pada dasarnya gejala sakit kepala karena tumor otak dengan sakit kepala biasa cukup jauh berbeda. Seseorang mulai mengkhawatirkan kondisinya jika merasakan sakit kepala parah dan sering terjadi.

Karena sakit kepala yang berlangsung lama dan sering terjadi meski sudah berobat bisa jadi pertanda tumor atau kanker otak.

Martin Allen Samuels, ahli saraf di Brigham and Womens's Hospital dilansir dari vice.com mengatakan sakit kepala yang tidak berlangsung terus-menerus atau bersifat episodik bukan kondisi yang harus dikhawatirkan.

Sakit kepala seperti itu besar kemungkinan bukan karena tumor atau kanker otak, tetapi sakit kepala standar seperti migrain atau karena tegang.

Pada tahap awal, tumor otak tidak menimbulkan gejala yang jelas. Gejala seperti sakit kepala akan terasa jelas ketika tumor sudah berkembang dan menekan saraf.

Ilustrasi kanker otak (Pixabay/VSRao)
Ilustrasi kanker otak (Pixabay/VSRao)

 

Misalnya, sering terbangun karena sakit kepala bisa menjadi pertanda tumor otak. Berikut ini sakit kepala yang mengarah pada tumor otak dilansir dari healthline.com, antara lain:

1. Sakit kepala yang membangunkan di pagi hari

2. Sakit kepala yang yang selalu berubah

3. Sakit kepala yang tidak hilang meski konsumsi obat penghilang rasa sakit

4. Sakit kepala yang berlangsung selama berhari-hari dan berminggu-minggu

Selain itu, sakit kepala karena tumor otak juga diikuti gejala lainnya. Mulai penurunan berat badan, penglihatan kabur, kejang, gangguan pendengaran, mati rasa dan sebagainya.

Jika Anda merasa sakit kepala terus-menerus di bagian yang berbeda-beda disertai rasa sakit lainnya pada tubuh. Maka segera datang ke dokter untuk mendapat diagnosis yang jelas.

Terkait

Terkini