Selasa, 23 Juli 2019

Untuk Jaga Kebersihannya, Seberapa Sering Botol Minum Harus Dicuci?

Kuman-kuman bisa mencemari air dalam botol, terutama saat kita melepas tutupnya tanpa meminum airnya.

Vika Widiastuti
Ilustrasi botol minum. (Unplash/Houston Max)
Ilustrasi botol minum. (Unplash/Houston Max)

Himedik.com - Berapa kali Anda mencuci botol dalam seminggu? Jika Anda kurang memperhatikan kebersihan botol minum atau hanya mencucinya ketika tampak kotor, sebaiknya Anda mulai mengubah kebiasaan itu. 

Air dalam botol yang jarang dibersihkan bisa jadi berbahaya karena kuman, termasuk bakteri, jamur, dan virus dapat dengan mudah tumbuh karena kondisi lembap.

Menurut ahli mikrobiologi dari William Paterson University, seperti yang dilansir dari timesofindia, kuman-kuman bisa mencemari air dalam botol, terutama saat kita melepas tutupnya tanpa meminum airnya.

Selain itu, saat kita minum air dari botol, ujung botol akan penuh dengan bekas apapun yang ada di mulut dan bibir. Partikel makanan dari mulut bisa masuk ke dalam air hingga nantinya bisa menyebabkan produksi kuman di dalam air jika tak dibersihkan dengan benar.

Karena itu, ahli menyarankan jangan berbagi botol air dengan orang lain atau gunakan botol air terpisah untuk setiap anggota keluarga. Seseorang juga harus sangat berhati-hati saat berbagi botol ketika mereka sakit.

Bukan cuma itu saja, Anda juga harus berhati-hati saat meletakkan botol air minum. Bukan tanpa alasan hal itu karena lingkungan yang lembap bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri, terutama jika botol bening. 

Ilustrasi botol minum. (Shutterstock)
Ilustrasi botol minum. (Shutterstock)

 

Botol air yang terkontaminasi atau digunakan bersama bisa menyebabkan tertularnya penyakit dari orang lain, misalnya pilek, flu, infeksi umum dan serius lainnya.

Meski tidak berarti setiap bakteri bisa membuat Anda sakit, tetapi terkontaminasi mikroba bisa meningkatkan risiko sakit.

Lalu, berapa kali Anda harus mencuci botol. Jawabannya adalah Anda harus mencuci botol berkali pakai setiap hari. Biasakan juga mengosongkan botol Anda di penghujung hari dan mencucinya dengan sabun cuci piring dan air. Kemudian bilas dengan baik untuk menghilangkan sabun.

Tips lainnya, jangan pernah mencampur air lama di botol dengan air yang baru.

Terkait

Terkini