Minggu, 20 Oktober 2019

Suplemen Melatonin, Jangan Dikonsumsi Setiap Malam, Ini Bahayanya!

Suplemen melatonin biasa digunakan orang dengan gangguan tidur agar nyenyak setiap malam.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Ilustrasi suplemen melatonin. (pixabay)
Ilustrasi suplemen melatonin. (pixabay)

Himedik.com - Sebagian orang dengan gangguan tidur, yang setiap malam sulit tertidur nyenyak, suplemen melatonin adalah salah satu 'alat bantu' untuk mengatasi masalah ini.

Melansir Yahoo Health, para konsumen mengklaim suplemen melatonin dapat membantu mereka cepat tidur dan menjadi lebih nyenyak di malam hari. Tapi apakah ini benar?

Suplemen melatonin memang tidak secara ajaib menyembuhkan semua gangguan tidur, tetapi suplemen ini dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang baik ketika Anda menggunakannya dengan benar, jelas peneliti obat tidur bersertifikat dan ahli saraf W. Christopher Winter, MD, dari Charlottesville Neurology and Sleep Medicine.

"Tubuh Anda secara alami menghasilkan melatonin ketika matahari terbenam, dan itu membantu memberi sinyal kepada tubuh Anda untuk bersiap-siap tidur," jelas Winter.

"Anda dapat menggunakan suplemen melatonin untuk 'menipu' tubuh Anda agar berpikir bahwa matahari sudah terbenam ketika sebenarnya tidak atau sudah waktunya tidur," sambungnya.

Ilustrasi insomnia (Shutterstock)

Sementara itu, beberapa orang menggunakan suplemen ini sebagai bantuan tidur malam, Winter mengatakan ini bukan lah tujuan dari suplemen melatonin yang sebenarnya.

"Mengonsumsi melatonin setiap malam sebenarnya justru bisa menyebabkan tubuh berhenti memproduksi melatonin sendiri," jelasnya.

"Jelas kita tidak ingin ini terjadi."

Jadi, lebih baik menggunakannya berdasarkan kebutuhan, seperti jika Anda berada di zona waktu berbeda, melakukan pekerjaan (dalam sistem) shift, atau tahu Anda akan membutuhkan sedikit bantuan untuk membuat tubuh tertidur saat Anda benar-benar sulit melakukannya.

Mungkin juga bisa digunakan pada tengah malam ketika Anda terbangun dan sulit untuk tidur kembali, kata Winter. Tetapi sekali lagi, Anda tentu tidak ingin mengonsumsi suplemen ini setiap malam.

"Kalau tidak, Anda akan membingungkan tubuh terhadap ritme sirkadian."

Terkait

Terkini