Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Senin, 13 Juli 2020

Cukup 2 Menit, Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Pijat Ujung Jari Tangan

Ternyata cukup tekan ujung jari tangan dan kaki ini bisa turunkan tekanan darah tinggi dalam 2 menit.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Telapak tangan. (pixabay)
Telapak tangan. (pixabay)

Himedik.com - Bagaimana biasanya Anda mengobati tekanan darah tinggi? kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat ini rupanya bisa diobati dengan memijat bagian tertentu di telapak tangan dan kaki.

Sebelumnya, perlu dipahami bahwa peningkatan tekanan darah di arteri ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Karena itu tekanan darah tinggi bisa membuat seseorang berisiko mengalami stroke, serangan jantung, gagal jantung, aneurisma arteri hingga ginjal kronik.

Karena itu, seseorang dengan tekanan darah tinggi harus mengonsumsi obat-obatan hingga akupuntur. Tetapi, ada pula cara lainnya yang bisa untuk mendukung pengobatan secara medis.

Sayangnya, tekanan darah tinggi ini tidak mudah diketahui lebih awal dan beberapa orang mungkin tidak menyadari kondisi ini.

Melansir dari Bright Side, bahkan dokter menyebut kondisi ini sebagai pembunuh diam-diam karena konsekuensinya sangat serius tapi risikonya berkembang perlahan seiring waktu.

Ilustrasiu tekanan darah tinggi (shutterstock)
Ilustrasiu tekanan darah tinggi (shutterstock)

 

Adapun beberapa gejala seseorang mengalami tekanan darah tinggi yang bisa digunakan sebagai pedoman mendeteksi tekanan darah tinggi.

1. Sakit kepala

2. Masalah penglihatan

3. Dada dan telinga berdebar

Konsekuensinya jika tekanan darah tak segera ditangani bisa berkembang menjadi serius, seperti stroke, gagal jantung dan demensia.

Meskipun ada banyak obat yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Ada pula cara alami lainnya yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi tanpa biaya.

Caranya dengan tekan salah satu ujung jari Anda menggunakan pena dan tahan selama 1 menit untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Selanjutnya, Anda juga bisa menekan sepanjang garis antara jempol kaki dan telunjuk kaki menggunakan pena selama 3 detik.

Lalu istirahatlah selama 5 detik dan ulangi lagi langkah tersebut selama 2 menit sekaligus terapkan di kaki satunya.

Cara sederhana menggunakan pena ini berguna menurunkan berat badan seseorang secara cepat meski tak bisa menggantikan pengobatan secara medis.

Terkait

Terkini