Info

Rutin Makan Ikan Bakar Seminggu Sekali, Ini Manfaatnya pada Otak!

Rutin makan ikan bakar seminggu sekali justru akan meningkatkan volume otak.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Manfaat makan ikan bakar setiap minggu (Pixabay/armennano)
Manfaat makan ikan bakar setiap minggu (Pixabay/armennano)

Himedik.com - Terlalu sering makanan yang dibakar sering kali dikaitkan dengan risiko kanker, termasuk ikan bakar. Faktanya makan ikan bakar justru memberikan manfaat positif pada volume otak.

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi ikan bakar maupun panggang setiap minggu justru meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi risiko alzheimer.

Sebab konsumsi ikan bakar atau panggang mingguan memengaruhi penurunan volume abu-abu pada otak. Penurunan volume materi abu-abu ini juga menunjukkan peningkatan tingkat kesadaran orang setelah makan ikan bakar.

Sebaliknya, makan ikan goreng tidak menunjukkan adanya peningkatan volume otak maupun penurunan secara kognitif.

"Ini adalah studi pertama yang membangun hubungan langsung antara konsumsi ikan, struktur otak dan risiko alzheimer," kata Cyrus Raji dari University of Pittsburgh Medical Center dan School of Medicine, dikutip dari Yorkshire Post.

ilustrasi ikan bakar [shutterstock]
ilustrasi ikan bakar [shutterstock]

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh James T. Becker, Profesor Psychiatrist, dilansir dari Sinar Harian Malaysia, juga menyatakan hal serupa tentang manfaat konsumsi ikan bakar.

James menjelaskan orang yang makan ikan bakar kemungkinan memiliki volume otak lebih besar pada memori dan kognisi.

Hasil penelitiannya membuktikan bahwa makan ikan bakar setidaknya sekali seminggu membuat volume materi abu-abu pada otak meningkat sekitar 4,3 persen lebih banyak daripada orang yang tidak konsumsi ikan bakar.

Menu ikan bakar di salah satu kafe di Atuh Beach, Nusa Penida. (Ferry Noviandi/Suara.com)
Menu ikan bakar di salah satu kafe di Atuh Beach, Nusa Penida. (Ferry Noviandi/Suara.com)

Apalagi ikan juga mengandung omega 3, vitamin B2, kalsium, mineral, zat besi, magnesium, kalium dan sebagainya yang bermanfaat untuk tubuh.

Selain meningkatkan volume otak, ikan bakar juga bisa mencegah penyakit jantung, penyakit kolesterol dan mempertahankan sistem kardiovaskular.

Berita Terkait

Berita Terkini