Info

Waspada! Ini 5 Dampak Larut dalam Kesepian pada Kesehatan dan Kehidupan

Kesepian bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

ilustrasi kesepian - (Unsplash/Anthony Tran)
ilustrasi kesepian - (Unsplash/Anthony Tran)

Himedik.com - Kesepian pasti pernah dialami semua orang. Namun, hal tersebut tergantung cara individu dalam mengatasinya agar tak berlarut-larut dan mengganggu kesehatan.

Pada tingkatan tertentu orang yang merasa kesepian bisa juga tidak tahu harus melakukan apa selain berdiam diri untuk mengatasinya.

Padahal rasa kesepian yang semakin besar dan berlarut justru memberikan dampak kurang baik untuk tubuh, mental dan kehidupan seseorang.

Melansir dari Bright Side, orang yang merasa kesepian sangat dalam bisa saja mengalami kenaikan berat badan karena makan berlebih, mudah sakit karena begadang hingga putus harapan.

Berikut ini beberapa tingkah laku yang menunjukkan bahwa rasa kesepian bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh dan kehidupan.

Ilustrasi lelaki merasa kesepian (Shutterstock)
Ilustrasi lelaki merasa kesepian (Shutterstock)

1. Makan berlebihan

Kebanyakan orang yang merasa kesepian dan cemas cenderung memiliki nafsu makan tinggi. Sehingga mereka lebih banyak makan karena mudah lapar.

Menurut penelitian, hal ini terjadi karena kesepian memengaruhi peningkatan produksi ghrelin dalam darah mereka.

2. Insomnia

Orang yang merasa sangat kesepian sudah pasti akan mengalami masalah gangguan tidur, seperti insomnia. Perasaan kesepian ini membuat tubuhnya memproduksi kortisol yang membuatnya sulit tidur nyenyak.

3. Depresi

Orang yang sudah merasa kesepian adalah takdirnya bisa saja mengalami depresi. Kondisi ini pastinya akan memengaruhi banyak hal lain seperti tidak memiliki harapan untuk hidup bahagia.

Alih-alih bermimpi untuk hidup lebih baik dan bahagia, mereka justru akan mengurung diri untuk tidak bertemu orang lain. Pada titik inilah orang bisa disebut sudah tenggelam dengan masalahnya.

4. Boros

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang merasa kesepian juga memiliki kecenderungan mudah boros karena sering pergi berbelanja.

Mereka benar-benar terfokus pada materi untuk mengisi kekosongannya dan membeli banyak barang yang mungkin akan menghiburnya.

5. Sulit berkembang

Berkaitan dengan nomor 3, orang yang sangat merasa kesepian juga tidak memiliki semangat untuk mencoba hal baru atau menerima tantangan dalam hidup.

Mereka lebih lama tenggelam dalam zona nyamannya sehingga kehidupannya cukup monoton dan sulit berkembang.

Berita Terkait

Berita Terkini