cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 12 Agustus 2020

Alami Gangguan Tidur? Trik Ini Bantu Anda Terlelap dalam 60 Detik

Ada kabar baik bagi Anda yang mengalami gangguan tidur.

Vika Widiastuti
cloud_download Baca offline
Ilustrasi insomnia. (unsplash)
Ilustrasi insomnia. (unsplash)

Himedik.com - Tidur malam menjadi cara untuk mengistirahtkan tubuh setelah lelah seharian beraktivitas. Namun, tak semua orang mudah untuk tidur. Mereka kerap kali susah tidur meski sudah mencoba berbagai macam trik.

Sudah mencoba semua trik, tetapi belum berhasil, bahkan berakhir dengan pola tidur yang buruk? Bagi Anda yang mengalami masalah tersebut, ada kabar baik.

Tertidur ternyata bukan hal yang sulit, Anda hanya butuh waktu 60 detik, bahkan kurang dari itu. Dilansir dari timesofindia, trik sederhana yang disebut metode 4-7-8 ini dipercaya bisa Anda segera tidur.

Pertama, berbaringlah dengan nyaman di tempat tidur Anda. Sekarang cukup bernapas melalui hidung selama empat detik, tahan napas selama 7 detik. Kemudian bernapas perlahan melalui mulut selama delapan detik. Ulangi proses ini sampai Anda tertidur.

Dokter lulusan Harvard, Andrew Weil mengatakan, cara ini sebenarnya adalah praktik meditasi India kuno dan sangat efektif membuat Anda segera tidur. Menurutnya, bahkan ketika Anda bangun di tengah malam, trik ini bisa membantu Anda kembali tertidur.

Ilustrasi insomnia (Shutterstock)
Ilustrasi insomnia (Shutterstock)

 

Bukan itu saja, Weil mengungkapkan trik ini bisa menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan mengatasi kecemasan. Trik ini sengaja memperlambat pernapasan Anda untuk memgurangi detak jantung dan merilekskan tubuh Anda.

Mempraktikkan trik ini secara teratur akan mengatasi gangguan tidur yang Anda alami. Namun, jika Anda masih sulit tidur di malam hari, berkonsultasilah dengan dokter Anda, mungkin karena beberapa masalah kesehatan yang mendasarinya.

Terkait

Terkini