Info

Tahukah Berapa Banyak Pisang yang Boleh Dikonsumsi Tiap Hari?

Kamu suka makan pisang setiap hari?

Vika Widiastuti

Pisang. (pixabay/jgzelaya)
Pisang. (pixabay/jgzelaya)

Himedik.com - Beberapa orang mungkin menjadikan pisang untuk santapan setiap hari. Namun, bagaimana pengaruh terlalu banyak makan pisang untuk kesehatan?

Menurut Pusat Data Pangan Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu pisang berukuran sedang dengan berat 118 gram memiliki 105 kalori, 27 gram karbohidrat, 3 gram serat, 0,3 gram lemak, dan 1 gram protein. Pisang tersebut juga mengandung 17 persen vitamin C, 12 persen vitamin B6, dan 12 persen kalium, 16 persen mangan, dan 18 persen magnesium dari nilai harian atau daily value (DV).

Meski mengandung lemak dan protein, pisang tidak mencukupi asupan nutrisi penting yang direkomendasikan setiap hari. Padahal, protein merupakan nutrisi penting untuk kekebalan tubuh, kesehatan tulang, pembentukan otot, perbaikan jaringan, menurut studi diterbitkan dalam U.S. National Library of Medicine.

Sementara lemak berfungsi memberi energi pada tubuh dan membantu penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak, serta meningkatkan produksi hormon dan kesehatan otak.

Karena kurangnya kandungan lemak dan protein yang cukup untuk tubuh, pisang tak boleh dijadikan makanan utama, tetapi hanya boleh dijadikan makanan ringan.

Selain itu, lebih baik mengonsumsi pisang bersama dengan makanan lain yang kaya nutrisi seperti kenari, selai kacang, telur rebus atau makanan yang mengandung buah serta sumber lemak dan protein sehat sehingga seimbang secara nutrisi.

Ilustrasi manfaat pisang. (Shutterstock)
Ilustrasi manfaat pisang. (Shutterstock)

Anda bisa mengonsumsi lebih dari satu pisang setiap hari. Namun, disarankan untuk membatasi asupan harian karena konsumsi berlebihan bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan.

Menurut Science Direct yang dilansir dari medicaldaily, kandungan pati pisang hijau mentah akan berubah menjadi gula saat buahnya matang. Jadi, konsumsi pisang secara berlebih akan membuat tubuh lebih sulit mengontrol kadar gula darah.

Orang yang mengalami prediabetes atau diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi pisang secara berlebihan. Karena pasien diabetes harus mengatur kondisi gula darah untuk mencegah penyakit mereka berkembang menjadi kondisi yang mengancam jiwa seperti stroke, penyakit jantung, bahkan kematian.

Lalu berapa asupan pisang yang direkomendasikan setiap hari? Makankah 1-3 sedang per hari. Ini dianggap asupan moderat bagi orang yang menjalani pola hidup sehat. Anda mungkin bisa mengonsumsi lebih banyak pisang asalkan tidak mengonsumsi terlalu banyak kalori.

Berita Terkait

Berita Terkini