Info

Jangan Rebus Air 2 Kali atau Lebih, Kebiasaan Ini Bisa Buat Keracunan!

Rebus air minum 2 kali atau lebih sampai mendidih bisa memicu keracunan.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi air putih. (Pixabay/ExplorerBob)
Ilustrasi air putih. (Pixabay/ExplorerBob)

Himedik.com - Anda pasti pernah merebus kembali air di dalam cerek atau termos yang sudah dingin. Belakangan media sosial Facebook dihebohkan bahwa merebus air minum 2 kali atau lebih bisa menimbulkan racun.

Salah satunya Widia Khoerudin. Dia membagikan informasi bahwa dirinya sering merebus kembali air di dalam termos ketika membuat mie instan. Kini, ia pun menyadari bahwa kebiasaannya tersebut ternyata buruk.

Tetapi, apakah benar merebus air yang sudah matang dua kali atau lebih bisa berbahaya untuk kesehatan kita?

Sebenarnya bahaya merebus air lebih dari satu kali sudah lama menjadi perdebatan. Melansir dari snopes.com, pada dasarnya merebus air sama halnya mendidihkan senyawa kimia di dalamnya lalu menguap dan melarutkan gas.

Jika air direbus terlalu lama, bisa merusak senyawa kimia dan meningkatkan bahan kimia tertentu di dalam air. Bahan kimia ini bisa termasuk arsenik, nitrat dan fluorida.

Bahkan mineral yang sehat bagi tubuh kita pun bisa berbahaya ketika terkonsentrasi, seperti garam kalsium yang dapat menyebabkan batu ginjal dan batu empedu jika dikonsumsi berlebihan.

Intinya, proses penguapan dan konsentrasi saat merebus air itulah yang kemungkinan besar merusak dan membentuk bahan kimia tertentu dalam air.

Bahaya merebus air hingga mendidih sebanyak 2 kali atau lebih (Facebook/Widia Khoerudin)
Bahaya merebus air hingga mendidih sebanyak 2 kali atau lebih (Facebook/Widia Khoerudin)

Merebus air hingga mendidih menyebabkan penguapan tetapi juga meninggalkan kotoran yang lebih berat sehingga kemungkinan besar larut dalam air karena meningkatkan konsentrasi senyawa kimianya.

Proses itulah yang akhirnya bisa meningkatkan konsentrasi bahan kimia beracun arsenik, nitrat dan fluorida dalam air minum Anda.

Arsenik

Arsenik adalah bahan kimia beracun yang bisa ditemukan dalam persediaan air publik maupun air tanah. Keracunan arsenik adalah masalah kesehatan utama di tempat-tempat seperti Bangladesh.

WHO telah menyatakan seseorang bisa mengalami masalah kesehatan kronis jikan bahan kimia arsenik ini terkonsentrasi hingga 50 liter.

Nitrat

Nitrat adalah bahan kimia yang terbentuk secara alami dan mengandung ion nitrat. Bahan kimia ini memang biasa ditemukan dalam air.

Ketika nitrat terkena suhu tinggi, bahan kimia ini bisa berubah menjadi nitrosamin yang bersifat karsinogenik.

Selama ini nitrat telah dikaitkan dengan sejumlah penyakit seperti leukemia, limfoma non-Hodkin dan sejumlah kanker, termasuk usus besar, kandung kemih, ovarium, lambung, pankreas dan kerongkongan.

Ilustrasi minum air yang sudah direbus berkali-kali (Shutterstock)
Ilustrasi minum air yang sudah direbus berkali-kali (Shutterstock)

Fluorida

Banyak penelitian telah melakukan riset mengenai bahan kimia fluorida. Hasilnya, bahan kimia ini bisa mengancam kesehatan Anda.

Universitas Harvard telah melakukan riset lebih dari 27 penelitian selama 22 tahun guna membuktikan hubungan paparan bahan kimia fluorida dengan fungsi neurologis dan kognitif pada anak-anak.

Sebuah studi 2013 juga menghubungan fluorida dengan tingkat infertilitas yang lebih rendah. Hasilnya, fluorida memang bisa mengurangi rasio sperma.

Apalagi jika seseorang menelan bahan kimia fluorida ini sebanyak 100 mg di setiap air minumnya selama 8 minggu.

Bagaimana menurut Anda? Ada yang merasa sering merebus air berkali-kali?

Berita Terkait

Berita Terkini