cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 12 Agustus 2020

Peneliti Ungkap Ponsel 7 Kali Lebih Kotor dari Kloset Toilet, Ini Alasannya

Peneliti menemukan pelindung ponsel justru 17 kali lebih kotor daripada kloset duduk toilet.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi menggunakan ponsel - (Pixabay/fernandozhiminaicela)
Ilustrasi menggunakan ponsel - (Pixabay/fernandozhiminaicela)

Himedik.com - Hampi setiap jam atau setiap hari, semua orang pasti memegang ponsel untuk banyak tujuan. Tapi, mungkin tak ada yang menyadari bahwa ponsel justru lebih kotor daripada kloset duduk toilet.

Tak bisa dipungkiri kalau sekarang ponsel sudah menjadi kebutuhan manusia dalam komunikasi, menjalankan pekerjaan, memantau anak, berbelanja dan lainnya. Sayangnya, ponsel yang selalu kita pegang sehari-hari banyak mengandung bakteri.

Sebuah studi baru menemukan bahwa rata-rata ponsel hampir 7 kali lebih kotor daripada dudukan toilet. Apalagi jika Anda menggunakan pelindung ponsel berbahan kulit.

Meski begitu, pelindung ponsel berbahan plastik pun juga lebih kotor 6 kali lipat dari dudukan toilet. Hal ini juga berkaitan dengan kebiasaan orang-orang membawa ponselnya ke toilet.

Sebuah survei berusaha membuktikan ini dengan melihat mikroba yang hidup di dudukan toilet dan menempel di permukaan ponsel.

Ilustrasi orang menggunakan ponsel di restoran. (Pixabay/Nastya_Gepp)
Ilustrasi orang menggunakan ponsel di restoran. (Pixabay/Nastya_Gepp)

 

Hasilnya, ada 220 bakteri yang hidup di dudukan toilet dan bakteri lebih banyak hidup di ponsel kita yakni sebanyak 1.479.

"Banyaknya kuman yang menempel di ponsel hampir sama jumlahnya dengan yang menempel di sapu tangan. Dua benda itu cenderung lebih banyak kumannya karena memiliki kontak fisik yang sangat dekat dengan Anda dan perangkat ini selalu digunakan setiap waktu," kata Profesor Hugh Pennington di University of Aberdeen dikutip dari Khaleej Times.

Para ilmuwan dari London School of Hygiene & Tropical Medicine tahun 2011 pernah mengungkapkan bahwa 1 dari 6 ponsel yang dipenuhi kotoran, termasuk e. coli dapat menyebabkan keracunan makanan.

Pada 2010, pengawas konsumen telah menguji 30 ponsel dan menemukan bahwa salah satu bakteri yang menempel bisa menyebabkan pemiliknya sakit perut.

Penelitian terbaru yang melakukan pemeriksaan terhadap 50 ponsel menemukan bakteri lebih banyak menempel di bagian pelindung ponsel. Hasil menunjukkan, bakteri pada pelindung ponsel 17 kali lebih banyak dari dudukan toilet.

Perlu diketahui ponsel Anda menjadi lebih kotor atau lebih banyak bakteri jika Anda bawa ke kamar mandi. Apalagi jika ponsel Anda bersentuhan dengan gagang, kursi atau bagian apapun di dudukan toilet.

Terkait

Terkini