Info

Kenakan Pakaian Olahraga Beberapa Kali, Ini Sebenarnya Dampaknya!

Bagaimana bahayanya memakai pakaian berkeringat dua atau beberapa kali?

Vika Widiastuti

Ilustrasi olahraga (Pixabay/ ID 5132824)
Ilustrasi olahraga (Pixabay/ ID 5132824)

Himedik.com - Bagaimana menurut Anda dengan memakai pakaian olahraga dua kali? Paadahal saat olahraga tubuh akan banyak mengeluarkan keringat.  Namun, di sisi lain, kebanyakan orang hanya memiliki beberapa set pakaian olahraga.

Hal ini membuatnya harus memakai pakaian olahraga beberapa kali. Lalu, bagaimana bahayanya memakai pakaian berkeringat dua atau beberapa kali?

Dilansir dari timesofindia, lapisan paling atas kulit memiliki sejumlah besar bakteri. Bakteri yang dikenal sebagai flora alami ini akan menahan bakteri asing yang berbahaya.

Sementara, selama sesi latihan yang intens, suhu tubuh akan meningkat dan kelenjar keringat menjadi aktif. Sehingga keringat akan bercampur dengan bakteri yang ada di lapisan atas kulit hingga menyebabkan multiplikasi bakteri.

Ini juga menjadi alasan dari aroma yang menyengat setelah olahraga. Namun, bakteri ini tidak berbahaya untuk kesehatan.

Meski kotor, mengenakan pakaian yang sama dua kali tidak akan berbahaya untuk kebanyakan orang. Bagi orang yang sehat, kemungkinan tidak ada risiko kesehatan dari paparan bakteri yang berasal dari tubuh mereka.

Namun, sebelum mengenakan pakaian yang sama dua kali, pastikan Anda menggantung pakaian hingga kering untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Mengeringkan pakaian juga dapat mengurangi hingga 90 persen penumpukan bakteri yang ada di pakaian Anda.

Namun, ini bukan berarti sepenuhnya Anda bebas dari risiko. Sebab, beberapa jenis bakteri seperti staphylococcus bisa menyebabkan infeksi kulit.

Perempuan olahraga dengan lompat. (Shutterstock)
Perempuan olahraga dengan lompat. (Shutterstock)

Jika Anda rentan terhadap infeksi, maka hindari mengenakan pakaian yang sama dua kali.

Selain itu, jika Anda mengalami luka, memar, atau kerusakan pada kulit, maka hindari menggunakan pakaian yang sama. Luka bisa menjadi titik masuk bakteri ke dalam aliran darah.

Anda  juga perlu tahu beberapa barang yang seharusnya tidak Anda kenakan dua kali tanpa dicuci, yaitu kaus kaki dan pakaian dalam untuk mencegah infeksi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memakai pakaian yang sama berulang kali tanpa dicuci di antaranya pastikan pakaian benar-benar kering, jika Anda banyak berkeringat, hindari memakai pakaian berulang kali, dan jika berbau, jangan dipakai lagi.

Berita Terkait

Berita Terkini