Sabtu, 24 Agustus 2019

Berawal Flu Biasa, Pria Ini Koma dan Sadar Saat Putrinya Lahir

Sebelum koma, Joseph tak tahu bahwa istrinya sedang hamil.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi bangun dari koma - (Unsplash/@marlonlara1)
Ilustrasi bangun dari koma - (Unsplash/@marlonlara1)

Himedik.com - Seorang pria di Inggris mengalami koma selama3 bulan kerana ensefalitis autoimun. Saat sadar, ia tak menyangka akan disambut oleh buah hatinya yang baru lahir ke dunia. 

Ensefalitis atau radang otak adalah suatu kondisi yang ditandai dengan munculnya peradangan pada jaringan otak akibat infeksi virus. Meskipun penyakit ini disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur juga bisa menjadi penyebabnya.

Menurut Pusat Informasi Penyakit Genetik dan Langka (GARD), ensefalitis autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel otak yang sehat yang menyebabkan peradangan otak.

Joseph Cullen, pria asal Inggris yang mengalami koma akibat ensefalitis autoimun, awalnya menduga hanya menderita sakit flu biasa.

Billie Smith, istri Cullen mengaku sempat terpukul ketika mengetahui suaminya mengalami koma akibat menderita radang otak. Bagaimana tidak? dua hari sebelum suaminya koma, ia baru mengetahui sedang hamil anak kedua.

Saat pertama kali mengetahui dirinya sedang hamil, ia memang sengaja tidak langsung memberi tahu suaminya karena ingin memberi kejutan.

Ilustrasi rumah sakit. [Shutterstock]
Ilustrasi rumah sakit. [Shutterstock]

 

Ternyata keadaannya justru membuat Billie terkejut dan terpukul karena belum sempat memberi tahu suami mengenai kehamilannya.

"Saya baru tahu saya hamil 2 hari sebelum dia koma. Saya pikir lebih baik menyimpannya sampai dia sembuh. Tetapi, dia justru koma itu kondisi yang sangat menyedihkan. Saya merasakan emosi yang campur aduk karena baru tahu hamil anak kedua dan saya selalu berharap agar dia segera terbangun," kata Billie Smith dikutip dari Fox News.

Setiap hari, Billie berharap suaminya segera tersadar dari koma dan menyambut kelahiran putri kedua mereka.

Sayangnya, Cullen tidak pernah tahu istrinya sedang hamil anak kedua dan tidak bisa menyaksikan kelahiran anak keduanya karena koma 3 bulan.

Setelah anak perempuan itu lahir, keajaiban pun terjadi karena Cullen tersadar dari komanya selama 3 bulan. Saat itu Billie sangat bahagia sekali suaminya tersadar dan bisa melihat paras cantik anak kedua mereka.

Cullen pun tersentuh bahagia karena mengetahui dirinya adalah seorang ayah dari anak perempuannya setelah tersadar dari koma yang cukup lama.

Bahkan anak perempuan itu pula yang membuat Cullen sangat bersemangat untuk segera pulih dan bisa menggendongnya.

Mulanya, Cullen masih kasulitan menggendong bayinya karena mengalami kelumpuhan dan sakit kepala. Tapi semangatnya yang besar, perlahan Cullen bisa menggunakan lengannya untuk menggendong anaknya.

"Anak-anak telah memberi saya kekuatan untuk menjadi lebih baik. Aku tidak sabar untuk pulang dan ingin bermain bersama anak-anak," katanya.

Cullen mengaku tidak bisa berhenti menangis ketika sudah mulai bisa menggerakkan dan menggunakan tubuhnya untuk menggendong anaknya.

Terkait

Terkini