Selasa, 10 Desember 2019

Kenali 3 Cara Penularan Virus Influenza, Kamu Harus Waspada!

Ketua PERGEMI, Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD, K-Ger., mengatakan, influenza bukanlah penyakit yang sepele.

Vika Widiastuti
Ilustrasi flu dan demam - (Pixabay/Myriams-Fotos)
Ilustrasi flu dan demam - (Pixabay/Myriams-Fotos)

Himedik.com - Flu atau influenza merupakan penyakit yang mudah menular melalui virus. Penularan virus ini melalui beberapa cara. 

Meski kerap dianggap ringan, influenza adalah penyakit yang mudah menular dan dapat menimbulkan berbagai komplikasi, hingga menyebabkan kematian. 

Ketua PERGEMI, Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD, K-Ger., mengatakan, influenza bukanlah penyakit yang sepele. Terutama di negara tropis seperti Indonesia, di mana flu bisa terjadi tidak hanya di musim hujan.

"Maka, sudah saatnya masyarakat Indonesia melakukan pencegahan influenza melalui vaksinasi yang sesuai agar terlindungi secara efektif, terutama bagi kaum lansia dan tenaga kesehatan," ungkapnya kepada Suara.com, Jumat (5/7/2019) di Jakarta Selatan.

Lebih lanjut Prof Siti menyebutkan secara lebih rinci transmisi penyebaran viruas influenza yang terjadi melalui udara, percikan ludah, dan akibat kontak langsung dari seseorang yang sudah lebih dulu terinfeksi.

Ilustrasi vaksin flu. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi vaksin flu. (Sumber: Shutterstock)

 

Antar manusia

Transmisi antar manusia dapat terjadi melalui tiga cara, yaitu aerosols, large droplets, dan kontak langsung (sekret) atau muntahan.

Batuk dan bersin

Batuk dan bersin akan mengakibatkan partikel dengan ukuran kurang dari lima hingga 10 um terlempar langsung ke lingkungan. Sehingga dapat langsung terhisap ke saluran pernapasan bawah.

Dropret partikel

Dropret partikel dengan diameter lebih dari 10 um transmisi akan terjadi pada jarak dekat terjadi transmisi, sehingga dapat mengenai konyungtiva, mulut dan mukosa nasal. (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

Terkait

Terkini