Info

Tak Buang-buang Waktu, Melamun Ternyata Bermanfaat Lho!

Selain memotivasi, melamun juga dapat membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah.

Vika Widiastuti

Ilustrasi melamun. (Pixabay/KokomoCole)
Ilustrasi melamun. (Pixabay/KokomoCole)

Himedik.com - Melamun kerap kali dipandang negatif atau buang-buang waktu. Misalnya melamun sata pelajaran atau ketika rapat. Padahal kegiatan ini bisa saja bermanfaat.

Menurut Dr. Matthew Lorber, penjabat direktur psikiatri anak dan remaja di Lenox Hill Hospital di New York City, melamun dapat memotivasi seseorang untuk bekerja sampai mencapai tujuan mereka.

Selain memotivasi, melamun juga dapat membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah.

"Melamun biasanya dikaitkan dengan hal-hal negatif seperti kemalasan atau ketidakpedulian," kata penulis utama, Prof. Kalina Christoff, Departemen Psikologi di University of British Columbia.

Ilustrasi perempuan sedang melamun, berpikir. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan sedang melamun, berpikir. (Shutterstock)

Tetapi ini justru berbanding terbalik. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2009 dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences (PNAS) menunjukkan area otak yang memungkinkan orang untuk menyelesaikan masalah kompleks menjadi lebih aktif selama melamun.

"Penelitian ini menunjukkan otak kita sangat aktif ketika kita melamun, jauh lebih aktif daripada ketika kita fokus pada tugas rutin," sambungnya, melansir Live Science.

Temuan menunjukkan bahwa melamun dapat berfungsi untuk mengalihkan perhatian kita dari tugas segera untuk menyelesaikan masalah lain yang lebih penting, kata para peneliti.

“Ketika Anda melamun, Anda mungkin tidak akan mencapai tujuan langsung Anda, katakanlah membaca buku atau memperhatikan di kelas. Tetapi pikiran Anda mungkin meluangkan waktu saat melamun untuk menjawab pertanyaan yang lebih penting dalam hidup Anda, seperti memajukan karir atau hubungan pribadi Anda," lanjut Christoff.

Berita Terkait

Berita Terkini