Info

Manfaat Menakjubkan Ikan Teri, Salah Satunya Baik untuk Kesehatan Jantung

Walau rasanya sangat asin, ikan teri mempunyai kandungan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh,

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Ikan teri termasuk makanan kaya nutrisi dan vitamin yang berguna untuk tubuh (Pixabay/Jinhahahaha)
Ikan teri termasuk makanan kaya nutrisi dan vitamin yang berguna untuk tubuh (Pixabay/Jinhahahaha)

Himedik.com - Ikan teri banyak yang suka, meskipun rasanya memang sangat asin. Banyak manfaat di balik ikan kecil ini. Antara lain menjaga kesehatan jantung, perawatan kulit, menurunkan berat badan serta menjaga kesehatan tulang hingga gigi.

Manfaat-manfaat tersebut didapat dari kandungan di dalamnya, yaitu asam lemak omega-3, protein, dan berbagai nutrisi yang ada di dalamnya.

Berikut penjelasan dari manfaat ikan teri selain dapat meningkatkan kecerdasan karena kandungan omega-3 di dalamnya, dilansir dari Organicfacts.net.

1. Tingkatkan kesehatan jantung

Dalam laporan 2013 yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, Dr. Yaakov Henkin, Departemen Kardiologi, Pusat Medis Universitas Soroka, Israel, mengungkapkan ikan teri mengandung banyak lemak tak jenuh ganda, yang dapat mengurangi keberadaan kolesterol LDL (buruk).

Hal ini juga membantu mengurangi risiko aterosklerosis , serangan jantung, dan stroke.

Sukses diet turun berat badan 5 kg punya banyak manfaat. (Shutterstock)
Sukses diet turun berat badan 5 kg punya banyak manfaat. (Shutterstock)

2. Menurunkan berat badan

Ikan teri adalah jenis ikan air asin yang memiliki jumlah protein yang signifikan dan jumlah kalori rendah, sehingga sangat cocok untuk diet.

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, peningkatan kadar protein pada ikan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, ia menekan produksi ghrelin (hormon kelaparan). Jadi, ikan seperti ikan teri memberi Anda nutrisi yang cukup dan manfaat kesehatan tanpa harus menambah kalori dalam tubuh.

3. Tingkatkan kesehatan tulang

Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam ikan teri memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu membangun tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis.

Kalsium dan vitamin A , yang ditemukan dalam ikan teri berpengaruh positif terhadap pertumbuhan tulang, yang membuat ikan kecil ini sangat bermanfaat dalam memerangi degradasi tulang.

Berita Terkait

Berita Terkini