Info

Tak Selalu buruk, Bergosip Ternyata Memberikan Manfaat bagi Kesehatan Lho!

Faktanya, kebiasaan bergosip ternyata bermanfaat.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi perempuan bercerita. (Pixabay/nastya_gepp)
Ilustrasi perempuan bercerita. (Pixabay/nastya_gepp)

Himedik.com - Wanita umumnya suka bergosip, namun tidak semuanya. Tetapi berbincang dengan teman-teman sebenarnya adalah hal yang mengasyikkan. 

Meski begitu, ada pula beberapa orang yang mungkin tidak suka melihat orang senang membicarakan orang lain di belakang.

Faktanya, kebiasaan bergosip justru memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental dan membangun diri sendiri.

Menurut peneliti dari University of Pavia di Italia, dilansir dari hellosehat.com, bergosip dapat meningkatkan kadar oksitosin atau yang disebut dengan hormon cinta.

Kadar oksitosin justru akan meningkat setelah orang bergosip, dibandingkan melakukan pembicaraan normal.

Para peneliti dari University of Michigian membuktikan bahwa seorang wanita lebih bahagia dan lebih sehat menikmati obrolan rutin dengan teman wanita karena dapat meningkatkan hormon progesteron.

Hormon ini bisa mengurangi tingkat kecemasan dan stres. Selain itu, hormon ini juga berperan penting dalam ikatan sosial dan membuat wanita lebih terdorong membantu orang lain. Melansir dari Psychology Today, adapun 5 manfaat dari hobi gosip antara lain:

Ilustrasi bergunjing, membicarakan gosip. [Shutterstock]
Ilustrasi bergunjing, membicarakan gosip. [Shutterstock]

1. Mendorong kerja sama

Para peneliti di Universitas Stanford menemukan kebiasaan bergosip membuat seseorang lebih banyak mempelajari karakter individu.

Hal ini membuat mereka lebih banyak mengenal karakter individu yang nantinya berkaitan dengan membangun kepercayaan dan kerja sama.

2. Mengurangi stres

Peneliti juga mengungkapkan, kebiasaan bergosip membantu seseorang mengurangi kecemasan dan stres. Hal itu karena mengetahui ada seseorang yang berperilaku lebih buruk bisa membuat seseorang merasa lebih baik.

3. Mengetahui kelemahan diri sendiri

Semua gosip tidak selalu berunsur negatif, sesekali Anda mungkin membicarakan sisi positif orang lain. Hal ini secara tak langsung bisa memberikan motivasi pada diri sendiri.

Anda mungkin akan lebih tergugah dan bersemangat untuk membangun diri sendiri dengan cara mengenali dulu kelemahan diri sendiri.

Tak Selalu buruk, Bergosip Ternyata Memberikan Manfaat bagi Kesehatan Lho! - 2
Bergosip. (Shutterstock)

4. Mendorong cara berpikir realistis

Hobi gosip juga bisa mendorong Anda berpikir lebih realistis. Hal ini akan meningkatkan kewaspadaan Anda untuk memastikan fakta yang sebenarnya sebelum menuduh seseorang.

Apalagi jika hal tersebut akan berkaitan secara langsung dengan kehidupan Anda sendiri. Pengalaman bergosip mengenai banyak orang nampaknya memberikan manfaat positif.

5. Panjang umur

Manfaat lain dari bergosip adalah kita bisa mengeluarkan pikiran negatif dari kepala. Secara tidak langsung, kebiasaan ini bisa memberikan manfaat baik untuk tubuh lebih bugar.

Kebiasaan ini juga membuat Anda memiliki hubungan dengan orang lain yang bisa bertahan lama, lebih bahagia dan lebih sehat.

Berita Terkait

Berita Terkini