Sabtu, 24 Agustus 2019

Jangan Bawa Stres Pekerjaan ke Rumah, Akibatnya Bisa Fatal!

Hal ini bisa pengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi stres (Pixabay/Davidqr)
Ilustrasi stres (Pixabay/Davidqr)

Himedik.com - Pekerjaan yang menumpuk atau suasana kerja yang tidak kondusif kerap kali membuat orang membawa beban dan stres pekerjannya ke rumah. 

Padahal beban atau masalah pekerjaan yang dibawa ke rumah bisa berdampak pada kondisi kesehatan fisik dan mental seseorang maupun orang di sekitarnya.

Menurut sebuah penelitian yang dilansir dari Chronobiology, membawa stres pekerjaan pulang ke rumah bisa membuat seseorang lebih berisiko insomnia.

Karena kebiasan ini memengaruhi kualitas dan kuantitas tidur seseorang. Apalagi jika kebiasaan ini dilakukan oleh orang-orang yang kecenderungan psikologis secara mental penuh tekanan.

Para peneliti telah menemukan kualitas dan kuantitas tidur yang buruk inilah dapat menyebabkan sejumlah penyakit, mulai penyakit jantung hingga kanker.

Ilustrasi orang kerja di rumah. (shuttertsock)
Ilustrasi orang kerja di rumah. (shuttertsock)

 

Risiko membawa pekerjaan ke rumah dan insomnia ini pun pernah dibahas oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Beberapa penelitian pun telah menemukan bahwa ada banyak manfaat jika seseorang bisa memisahkan urusan pekerja dan kehidupan di rumah.

Orang yang memiliki keseimbangan antara kerja dan kehidupan rumah sangat kecil kemungkinannya terkena penyakit jantung, stroke dan penyakit mental seperti depresi dan kecemasan.

Karena kondisi tersebut bisa disebabkan oleh kualitas dan kuantitas tidur yang buruk serta tidak adanya keseimbangan antara kerja dan kehidupan rumah.

Keseimbangan kerja dan kehidupan rumah juga membantu Anda terhindar dari masalah rumah tangga yang biasanya disebabkan Anda tidak bisa mengatur waktu dengan baik.

Terkait

Terkini