Info

Hiii, Tak Cuci Tangan Setelah Keluar Kamar Mandi, Ini Akibatnya!

Hanya 31 persen pria dan 65 persen wanita yang mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum.

Vika Widiastuti

Membawa smartphone ke toilet. (shutterstock)
Membawa smartphone ke toilet. (shutterstock)

Himedik.com - Tak sedikit orang yang melewatkan cuci tangan setelah keluar dari kamar mandi. Padahal hal ini hanya membutuhkan waktu 20-30 detik. 

Padahal hal ini penting dilakukan setiap Anda keluar dari toilet. Beberapa orang hanya membilas tangan menggunakan air, tetapi ada pula yang terang-terangan menghindarinya.

Dilansir dari timesofindia, hanya 31 persen pria dan 65 persen wanita yang mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum. Namun, bagaimana saat di rumah. Apakah benar-benar tidak mencuci tangan?

Padahal mencuci tangan adalah cara efektif untuk mencegah penyebaran kuman. Sementara, tak mencuci tangan dengan benar, terutama setelah keluar dari kamar mandi berarti Anda menjadi lebih rentan terserang penyakit serius. Faktanya, Anda bisa mencegah sekitar 14 penyakit hanya dengan mencuci tangan.

Saat anda menyentuh flush atau gagang pintu kamar mandi, bakteri yang menyebabkan penyakit bisa menempel di tangan. Dengan menyentuh benda-benda lain atau berjabat tangan dengan orang lain berarti Anda menyebarkan bakteri ini.

Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)
Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)

Anda juga bisa menularkan infeksi ke diri sendiri saat tangan yang tidak dicuci menyentuh mata, hidung, atau mulut. Jadi, pastikan Anda mencuci tangan dengan baik setelah keluar dari kamar mandi, baik di bagian belakang tangan, di sela-sela jari, dan kuku.

Berita Terkait

Berita Terkini