Kamis, 17 Oktober 2019

Ketahui 4 Masalah Kulit yang Bisa Timbul Akibat Penggunaan Ponsel!

Cek masalah kulit akibat penggunaan ponsel terlalu sering sebelum terlambat!

Vika Widiastuti
Ilustrasi bermain HP. (pixabay/FirmBee)
Ilustrasi bermain HP. (pixabay/FirmBee)

Himedik.com - Bukan cuma memengaruhi kesehatan mata, penggunaan ponsel yang terlalu sering ternyata juga berdampak pada kulit.

Dilansir dari timesofindia, Menatap layar ponsel bisa menyebabkan kerutan-kerutan kecil di sekitar mata. Hal ini terjadi ketika Anda terus-menerus menyipitkan mata dan mengencangkan otot-otot untuk fokus.

Bahkan saat Anda intens menggunakan ponsel Anda, kerutan tersebut akan muncul sejak usia 20an tahun. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Selain mengurangi waktu dalam menatap layar ponsel, Anda juga bisa mengatasi hal ini dengan istirahat yang cukup. Aplikasikan juga gel lidah buaya dan biarkan selama 15 menit. Lalu bilas wajah menggunakan air dingin.

Bukan hanya menyebabkan kerutan, berikut ini beberapa masalah kulit yang diakibatkan oleh penggunaan ponsel.

Ilustrasi memencet jerawat. (Shutterstock)
Ilustrasi memencet jerawat. (Shutterstock)

 

1. Jerawat

Bukan rahasia lagi jika ponsel penuh dengan bakteri. Bahkan ponsel dianggap sebagai 'magnet' bagi bakteri. Jadi, saat Anda mengangkat telepon dan meletakkannya di kulit Anda akan menyebabkan bakteri berpindah ke kulit wajah.

Cara mencegahnya adalah gunakan headphone untuk menerima panggilan telepon dan bersihkan ponsel Anda sesering mungkin dengan kain mikrofiber. Anda bisa melakukannya sekali setiap hari. Bersihkan pula wajah Anda dengan produk anti-jerawat.

2. Kulit kusam

Kulit pucat berarti kulit akan kehilangan warna alami. Hal ini bisa membuat kulit tampak kuning atau cokelat. Ingat, kulit pucat bukan tanda penuaan. Terlalu banyak menggunakan ponsel bisa membuat kulit Anda kusam dan pucat.

Cara mengatasinya adalah jangan gunakan smartphone dua jam sebelum tidur lalu hidrasi diri Anda dengan baik sepanjang hari.

Ilustrasi perawatan kulit wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan kulit wajah. (Shutterstock)

 

3. Sindrom text neck

Terus melihat ke bawah untuk memeriksa ponsel dapat menyebabkan text neck. Gerakan berulang yang tidak disengaja menyebabkannya kehilangan elastisitasnya. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit yang konstan di leher.

Cara mengatasinya adalah jangan menekuk leher Anda untuk melihat layar ponsel, melainkan pegang ponsel setinggi mata. berlatihlah untuk menguatkan leher Anda. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi ini.

Terkait

Terkini