Minggu, 20 Oktober 2019

Dikonsumsi Sejak Muda, 5 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Usia Harapan Hidup

Kebiasaan makan berkaitan dengan sejumlah risiko penyakit di masa lanjut usia.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi buat makanan (Pixabay/congerdesign)
Ilustrasi buat makanan (Pixabay/congerdesign)

Himedik.com - Asupan gizi yang baik sejak dini adalah hal yang sangat penting. Tak hanya memengaruhi kondisi fisik dan fungsi kognitif, hal ini juga berpengaruh pada usia harapan hidup seseorang.

Jika Anda ingin memiliki usia harapan hidup yang panjang, tentu tidak cukup dengan sadar kondisi kesehatan. Anda juga perlu memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat sehari-hari.

Kebiasaan ini berkaitan dengan sejumlah risiko penyakit yang mengintai para lanjut usia. Jika seseorang memiliki pola hidup sehat dan sadar kesehatan, setidaknya akan meminimalisir risiko penyakit di masa tua.

Melansir dari Huffington Post, adapun makanan yang harus banyak Anda konsumsi sejak masa muda demi menjaga tubuh agar tetap prima di masa tua:

Sebab penyebab utama kematian di seluruh dunia adalah penyakit kronis, seperti jantung, kanker dan diabetes karena kurang memperhatikan pola makan.

1. Teh hijau

Teh hijau salah satu minuman yang bermanfaat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Minuman ini telah terbukti mengurangi risiko kematian hingga 26 persen.

Ilustrasi teh hijau. (Sumber: Shuttertsock)
Ilustrasi teh hijau. (Sumber: Shuttertsock)

2. Kacang

Orang yang lebih banyak konsumsi camilan kacang justru mampu bertahan hidup lebih lama. Selain itu, mereka juga lebih rendah terkena kanker, penyakit jantung dan pernapasan.

3. Blueberry

Buah yang tinggi antioksidan ini membantu seseorang bertahan hidup lebih lama. Sebuah studi menemukan bahwa kandungan polifenol yang banyak dalam dapat mengurangi risiko kematian hingga 30 persen. Bahkan, antioksidan dalam blueberry juga mengurangi risiko diabetes.

Ilustrasi blueberry. (Shutterstock)
Ilustrasi blueberry. (Shutterstock)

4. Biji-bijian

Diet yang mendorong banyak makan sayuran, lemak sehat, dan buah-buahan membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Dengan begitu, Anda juga akan memiliki usia harapan hidup lebih lama.

5. Salmon

Ikan salmon yang mengandung omega-3 tinggi dapat membantu melestarikan telomer, yakni ujung dari kromosom Anda yang menyusut karena usia. Selain itu, kandungan dalam ikan salmon juga memperlambat proses penuaan.

Terkait

Terkini