Info

Sering Diabaikan, Ketahui Gejala Katarak Sebelum Terlambat

Katarak selalu disembuhkan saat sudah parah, ketahui gejalanya agar tidak terlambat.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Ilustrasi operasi katarak. (shutterstock)
Ilustrasi operasi katarak. (shutterstock)

Himedik.com - Salah satu jenis gangguan mata paling umum di dunia adalah katarak. Sebagian besar penderita katarak berusia di atas usia 40 tahun. 

Melansir Asia One, katarak adalah pengaburan lensa kristal mata. Meskipun sering terjadi, mereka yang mengalami kondisi ini seringnya didiagnosis setelah kondisi bertambah parah.

Agar tidak terlambat, kenali beberapa gejala katarak di bawah ini:

1. Pandangan buram atau kabur

Pandangan buram atau kabur disebabkan oleh berbagai hal. Menurut Joseph Fishkin, dokter spesialis mata dan ahli bedah katarak, gejala terpenting yang harus diperhatikan dalam mendeteksi katarak adalah menilai apakah kondisi lensa mata memburuk dari waktu ke waktu, seperti menjadi keruh.

2. Bermasalah saat membaca teks kecil

Jika mendapatkan kacamata baru tidak membantu masalah ini, ada kemungkinan itu adalah gejala katarak. Ini disebabkan oleh protein pada lensa mata mengumpul sehingga sulit untuk membedakan teks kecil.

Operasi Lasik [shutterstock]
Operasi Lasik [shutterstock]

Oleh karena itu, jika bermasalah dengan pandangan kabur saat membaca dan penglihatan jarak jauh, Scott MacRae, dokter mata dan ketua Komite Kesehatan Masyarakat dengan Akademi Oftalmologi Amerika, mengatakan itu bisa menjadi tanda-tanda katarak.

3. Sensivitas terhadap cahaya terang

Jika cahaya redup saja sudah menyengat mata, ini adalah salah satu gejala katarak. Sensitivitas tinggi terhadap semua sumber cahaya, termasuk lampu, lampu kendaraan dan matahari, adalah tanda umum dari kondisi tersebut.

Menurut dokter mata James Schumer, katarak mengganggu perjalanan cahaya ke bagian belakang mata.

4. Pandangan ganda

Dikenal sebagai diplopia, penglihatan ganda adalah gejala penting lain dari katarak.

Ilustrasi sakit mata atau mata bengkak akibat radang saluran air mata. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit mata (Shutterstock)

Dean Hart, dokter mata dan profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Columbia, mengungkapkan ketika ukuran katarak bertambah, lensa yang keruh memburuk, itu bakal mengganggu cahaya masuk ke mata. Jika hanya satu mata yang menderita masalah ini, dapat terjadi penglihatan ganda.

5. Bermasalah saat mengemudi malam hari

Mengemudi di malam hari bisa berbahaya bagi seseorang yang menderita katarak karena ia harus menyeimbangkan kondisi gelap dengan lampu lalu lintas yang terang.

Bahkan, Shoshana Ungerleider, dokter penyakit dalam di California Pacific Medical Center Sutter Health, mengatakan membaca rambu-rambu jalan juga terbukti menyulitkan pasien.

Berita Terkait

Berita Terkini