Kamis, 17 Oktober 2019

Wanita Ini Tak Keramas 2 Tahun dan Pilih Minyak Kelapa, Ini Manfaatnya!

Liris memilih menggunakan minyak alami untuk membersihkan rambutnya dibanding keramas.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi keramas dan mandi. (Shutterstock)
Ilustrasi keramas dan mandi. (Shutterstock)

Himedik.com - Tak keramas selama 2 tahun, seorang wanita asal Finlandia bernama Liris Heikkinen justru mengaku rambutnya lebih sehat, kok bisa ya?

Wanita 24 tahun ini mengaku sebelumnya sering mencuci rambutnya bahkan hampir setiap hari. Tetapi, kebiasaan itu justru membuat kulit kepalanya kering dan gatal karena terlalu bersih.

Akhirnya Liris memutuskan berhenti mencuci rambutnya setiap hari dan memilih menggunakan minyak alami untuk membersihkan rambutnya.

Liris menggunakan air dan setetes minyak kelapa setiap dua bulan sekali untuk membersihkan rambutnya. Setelah beberapa kali, Liris merasa rambutnya jauh lebih indah dan sehat.

"Setelah beberapa kali rambutku bebas kotoran dan rasa gatal itu berhenti. Pada awalnya rambut saya terlihat berminyak, tetapi cara ini membuat rambutku kembali normal," kata Liris dikutip dari Mirror.co.uk.

Iiris Heikkinen tidak keramas pakai sampo. (Facebook/Iiris Linnea Heikkinen)
Iiris Heikkinen tidak keramas pakai sampo. (Facebook/Iiris Linnea Heikkinen)

 

Bahkan orang di sekitarnya pun tak menyangka jika Liris tidak pernah mencuci rambut dengan sampo. Melansir dari hellosehat.com, minyak kelapa memang sudah lama dianggap baik untuk perawatan rambut.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa minyak kelapa baik untuk mencegah kehilangan protein daripada minyak mineral dan bunga matahari ketika diaplikasikan sebelum atau setelah mencuci rambut.

Bahkan minyak kelapa dapat mengurangi kehilangan protein pada rambut yang tidak rusak, memutih dan terpapar sinar UV. Minyak kelapa sebagian besar terdiri dari asam lemak rantai menengah yang disebut asam laurat.

Kandungan ini membuat minyak kelapa lebih mudah diserap ke dalam batang rambut. Adapun beberapa manfaat minyak kelapa untuk rambut yang lebih indah.

1. Membantu mencegah kerusakan rambut

2. Membantu menumbuhkan rambut

3. Mencegah tumbuhnya kutu dan ketombe

4. Melindungi dari matahari

Terkait

Terkini