Kamis, 17 Oktober 2019

Minyak Zaitun Dijadikan Sebagai Pelumas, Amankah?

Minyak alami, salah satunya minyak zaitun, juga bisa digunakan sebagai pelumas saat bercinta. Tapi apa efek sampingnya?

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Minyak zaitun. (shutterstock)
Minyak zaitun. (shutterstock)

Himedik.com - Pelumas berfungsi untuk mencegah rasa sakit dan radang. Selain itu, pelumas juga akan membuat hubungan intim jauh lebih nyaman dan nikmat.

Salah satu minyak alami yang dapat dipakai adalah minyak zaitun.

Sayangnya, pelumas berbasis minyak seperti minyak zaitun ini dapat merusak kondom lateks. Bisa jadi pelumas ini akan membuat alat kontrasepsi tersebut tidak efektif, atau tidak mencegah infeksi menular seksual (IMS).

Melansir Healthline, pelumas berbasis minyak, seperti minyak zaitun, seringkali lebih tebal dan dapat bertahan lebih lama dari jenis lainnya.

Sedangkan pelumas berbasis air tidak akan bertahan lama dan bisa mengering dengan cepat, tetapi aman digunakan dengan kondom.

Untuk pelumas berbasis silikon lebih tahan lama daripada pelumas berbahan dasar air, tetapi jenis ini akan merusak 'mainan silikon'.

Ilustrasi pasangan berhubungan seks atau bercinta. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan berhubungan seks atau bercinta. (Shutterstock)

Masalah utama dengan menggunakan minyak zaitun sebagai pelumas adalah bahwa minyak menyebabkan lateks rusak, bahkan ini terjadi dalam beberapa menit.

Namun, Anda dapat menggunakan produk berbasis minyak dengan kondom sintetis, seperti kondom poliuretan.

Masalah lain adalah bahwa minyak zaitun adalah minyak berat dan tidak mudah diserap ke dalam kulit. Ini dapat menyumbat pori-pori Anda, terlebih jika tidak langsung mencucinya.

Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan iritasi, yang kemudian dapat menyebabkan infeksi. Minyak dapat menjebak bakteri di Miss V dan anus dan dapat menyebabkan infeksi.

Kebanyakan orang tidak alergi terhadap minyak zaitun, tetapi ada kemungkinan kecil Anda bisa saja.

Sebelum menggunakan minyak zaitun, lebih lakukan uji tempel dengan mengoleskan sedikit minyak zaitun ke area kulit di lengan.

Jika Anda mengalami ruam atau gatal-gatal gatal itu berarti Anda alergi terhadap minyak zaitun dan tidak boleh menggunakannya sebagai pelumas.

Terkait

Terkini