Kamis, 17 Oktober 2019

Bukan Hanya Kopi, Teh Hijau hingga Kaporit Bisa Bikin Gigi Lebih Kuning!

Teh hijau hingga kaporit dalam kolam renang bisa menyebabkan gigi kuning, selain kopi dan merokok.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi gigi (Pexels/Pixabay)
Ilustrasi gigi (Pexels/Pixabay)

Himedik.com - Selama ini banyak orang mengira hanya kopi dan merokok yang menyebabkan noda pada gigi. Sehingga tampilan gigi kuning dan membuat Anda tidak percaya diri.

Karena, menyikatnya sebersih apapun gigi tidak akan putih kinclong karena kebiasaan itu semacam meninggalkan noda di gigi.

Tetapi, noda gigi ini tidak hanya disebabkan oleh 3 kebiasaan tersebut. Melansir dari Asia One, masih ada banyak kebiasaan lainnya yang dianggap sehat juga membuat gigi kuning.

1. Sering minum teh hijau

Sama seperti kopi, teh cokelat, hitam maupun teh hijau juga bisa membuat gigi kuning. Karena itu, Anda perlu menggosok gigi sekitar setengah jam setelah minum teh hijau agar tidak meninggal noda dan membuat gigi kuning.

2. Penggunakan obat kumur

Banyak orang menggunakan obat kumur agar napas lebih segar. Sayangnya, obat kumur mengandung komponen yang disebut chlorhexidine gluconate yang menyebabkan gigi menguning.

Ilustrasi obat kumur (shutterstock)
Ilustrasi obat kumur (shutterstock)

 

Penggunaan rutin jenis obat kumur tertentu dapat menyebabkan chlorhexidine bereaksi secara kimia dengan partikel makanan yang terperangkap di gigi Anda, menghasilkan noda cokelat.

3. Sering makan buah berry

Strawberry, blueberry, raspberry termasuk buah yang banyak disukai orang. Sayangnya, buah-buahan ini mengandung sejumlah pigmen warna yang bisa meninggal noda pada gigi, terutama blueberry.

4. Renang di kolam berkaporit

Masih banyak kolam renang yang emngandung banyak kaporit. Padahal terlalu sering berenang di kolam berkaporit bisa meninggalkan noda kecokletan pada gigi. Karena, saat Anda berenang banyak air yang masuk ke dalam mulut.

Terkait

Terkini