Info

Meninggal karena Diabetes, Wanita Ini Donorkan Organ dan Selamatkan 4 Nyawa

Ibu dua anak ini ingin membantu orang lain hingga akhir hidupnya.

Vika Widiastuti

Ilustrasi dirawat di rumah sakit (Unplash/rawpixel)
Ilustrasi dirawat di rumah sakit (Unplash/rawpixel)

Himedik.com - Sebelum meninggal. seorang ibu yang sakit ingin mendonorkan organ tubuhnya. Secara tak langsung ia telah menyelamatkan 4 nyawa, termasuk dua anak. 

Wanita bernama Krystal Emily Ann (32) itu telah sakit selama bertahun-tahun. Pada 12 Juli lalu ia pingsan dan meninggal dua hari kemudian.

Duka yang dirasakan oleh putranya, Tyler (16) sedikit berkurang saat mengetahui hati ibunya telah menyelamatkan dua anak, sementara jantung dan paru-parunya telah didonorkan kepada dua pria.

Ibu tunggal dari Dartford, Kent, Inggris itu telah menderita diabetes dan membutuhkan transplantasi ginjal dan pankreas, tetapi ia tak berhasil diselamatkan. Hal ini diungkap oleh temannya, Jaki Karrata. "Ini adalah harapannya. Jika nyawanya tak tertolong, ia ingin membantu orang lain tanpa pamrih sampai akhir," katanya dikutip dari mirror.

Lebih lanjut Jaki mengatakan, Krystal adalah seorang ibu tunggal yang tidak bekerja karena kesehatannya yang buruk sehingga keluarganya tak memiliki uang untuk biaya pemakamannya.

Ilustrasi rumah sakit. (Shutterstock)
Ilustrasi rumah sakit. (Shutterstock)

"Dia sangat dicintai oleh banyak orang dan meninggalkan duka di hati semua orang yang mengenal dan mencintainya. Dia hidup dan 'berapi-api'. Jika dia masuk ke sebuah ruangan, kamu tahu dia ada di sana," lanjutnya.

Untuk itu, Jaki pun berharap sumbangan untuk membantu biaya pemakaman Krystal dan dana untuk kedua putranya, Tyler dan Leighton. "Dia (Krystal, -red) sangat ramah dan bersahabat, dan ibu yang luar biasa bagi Tyler dan Leighton," imbuhnya.

Menurut Jaki, meski dalam pengobatan, Krystal tetap meluangkan waktu untuk anak-anaknya. Ia bahkan sempat mengajak anak-anaknya ke pasar malam pada malam sebelum ia meninggal dunia.

Laman GoFundMe kini telah mengumpulkan 6.095 poundsterling atau sekitar Rp104 juta dari target 10.000 poundsterling atau Rp170 juta untuk biaya pemakanan Krystal dan perawatan kedua anaknya.

Berita Terkait

Berita Terkini