Kamis, 17 Oktober 2019

Tanpa Semprotan, Ini 5 Tahap Mudah Usir Nyamuk dari Rumah!

Lakukan 5 tahap mudah usir nyamuk dari rumah agar tidak perlu lagi pakai semprotan atau obat nyamuk bakar.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Nyamuk. (Pixabay/FotoshopTofs)
Nyamuk. (Pixabay/FotoshopTofs)

Himedik.com - Nyamuk termasuk serangga yang selalu menjadi musuh bebuyutan manusia. Serangga ini dianggap selalu membuat aktivitas menjadi tidak nyaman atau minimal mengganggu tidur.

Belum lagi kalau nyamuk tersebut menularkan penyakit melalui gigitannya seperti nyamuk demam berdarah. Jika sudah begini, biasanya Anda akan mengandalkan semprotan atau obat bakar guna mengusir nyamuk.

Padahal penggunaan semprotan nyamuk berkelanjutan juga tidak baik untuk kesehatan, terlebih kalau ada anak kecil di dalam rumah. Melansir dari Asia One, inilah beberapa cara alami mengusir nyamuk.

1. Gunakan lampu kuning di teras rumah

Ganti pencahayaan di teras Anda menggunakan lampu kuning, jangan lampu putih. Sebab, ternyata nyamuk menyukai pencahayaan kuning.

Jadi saat Anda menggunakan lampu putih di dalam rumah lalu ingin mengusir nyamuk, cukup dengan membuka pintu agar nyamuk pindah mendekati cahaya kuning di teras rumah.

Ilustrasi nyamuk. [Shutterstock]
Ilustrasi nyamuk. [Shutterstock]

2. Bersihkan benda-benda yang menampung air

Jika di sekitar rumah Anda ada vas atau talang air, usahakan bersihkan air yang menggenang di benda-benda tersebut setiap hari. Hal ini demi menghilangkan kotoran nyamuk yang tergenang di air dan melepaskan bakteri.

3. Pakai minyak esensial di dalam rumah

Minyak esensial eucalyptus, citronella, pohon teh, dan lavender adalah beberapa aroma minyak esensial yang ampuh mengusir nyamuk. Anda dapat menggunakan minyak esensial tersebut di dalam rumah dengan cara disemprotkan atau oleskan pada tubuh.

Manfaat sehat peppermint bagi tubuh Anda. (Shutterstock)
Peppermint. (Shutterstock)

4. Tanam tumbuhan pengusir nyamuk

Ada beberapa tanaman yang berfungsi membantu mengusir nyamuk, seperti peppermint, marigold, ageratum dan rumput serai. Anda bisa menanam sejumlah tumbuhan pengusir nyamuk ini, lalu letakkan di balkon, jendela, dan koridor rumah.

5. Nyalakan kipas angin

Nyamuk yang beterbangan juga akan melemah saaat kipas angin menyala. Agar tidur malam Anda lebih nyenyak dan bebas nyamuk, coba nyalakan kipas angin.

Terkait

Terkini