Kamis, 17 Oktober 2019

Beberapa Orang Ini Berusia di Atas 100 Tahun, Apa Rahasia Mereka?

Louise Signore berusia 107 tahun mengaku rahasianya adalah tetap menjadi lajang.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Ilustrasi orang tua. (pixabay)
Ilustrasi orang tua. (pixabay)

Himedik.com - Seorang wanita asal New York, Louise Signore, mampu mempertahankan usianya hingga 107 tahun. Ia mengatakan, rahasia dirinya berumur panjang adalah karena dirinya tidak menikah.

"Aku pikir rahasia usia 107 tahunku karena aku tidak pernah menikah. Adikku berkata, 'seandainya aku tidak pernah menikah'," ujar Signore, melansir INSIDER.

Signore lahir di Harlem pada Juli 1912 dan hingga kini Signore masih hidup lajang dan tetap aktif. Bahkan ia sering berolahraga.

Meski sudah 107 tahun, ia tidak membutuhkan tongkat atau kursi roda.

Dalam hal pola makan, Signore mengatakan sebagian besar dia makan makanan Italia dan menjauh dari soda atau kue.

Studi Terman Life-Cycle pun mendukung pernyataan dari Signore.

Louise Signore (YouTube/Eyewitness News ABC7NY)
Louise Signore (YouTube/Eyewitness News ABC7NY)

Sejauh ini, ditemukan ada dua kelompok orang yang hidupnya paling lama, yaitu mereka yang tetap melajang seumur hidup dan orang yang mempertahankan pernikahannya.

Orang yang menikah dan bercerai atau menikah kembali memiliki kehidupan yang lebih pendek secara umum. Jadi, tampaknya konsistensi adalah kunci menuju kehidupan yang panjang dan bahagia.

Kisah lainnya, seorang lelaki bernama Andrew E. Slavonic dari Pennsylvania. Ia berusia 101 tahun.

Kepada Fox News ia mengatakan rahasia umur panjangnya adalah Coors Light (bir) yang diminumnya setiap hari selama 15 tahun terakhir.

Menurut sebuah penelitian, orang yang berusia di atas 90 tahun sering minum secukupnya, beberapa penelitian lain menunjukkan minum alkohol menyebabkan peningkatan mortalitas.

Andrew Slavonic (YouTube/9NEWS)
Andrew Slavonic (YouTube/9NEWS)

Para peneliti telah menghubungkan beberapa kebiasaan gaya hidup dengan umur panjang, seperti berolahraga, makan makanan nabati, menghindari alkohol dan tembakau, dan mempertahankan berat badan yang sehat. Tetapi banyak penuaan berkaitan dengan gen.

Sedangkan kisah lainnya, Ana Maria Vela Rubio yang bertahan hingga usia 116 tahun. Tetapi ia sudah meninggal pada 2017 lalu.

Menurut putrinya, kasih sayang Maria lah yang membuatnya bertahan hidup dan juga sikap positifnya terhadap orang lain.

Ana Maria Vela Rubio (YouTube/ La Vanguardia)
Ana Maria Vela Rubio (YouTube/ La Vanguardia)

Menurut studi dari Stony Brook University, belas kasih sangat berkaitan dengan meningkatnya kesehatan seseorang. Hubungan antara membantu orang lain dengan peningkatan umur panjang serta kesehatan fisik.

Sebuah analisis beberapa studi tahun 2016 menemukan bahwa memiliki 'tujuan hidup yang tinggi' juga terkait dengan usia yang lebih panjang dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

Terkait

Terkini