Info

Anies Baswedan Imbau untuk Cek Makanan di Kulkas, Berapa Lama Bertahan?

Selama pemadaman, Gubernur DKI Jakarta mengimbau masyarakat untuk memeriksa makanan di kulkas agar jangan sampai dikonsumsi jika basi

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas. (pixabay)
Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas. (pixabay)

Himedik.com - Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, memberi imbauan pada masyarakat terkait mati listrik yang terjadi sejak Minggu (4/8/2019) kemarin. Melalui akun Twitter-nya, Anies mencuit tentang dampak mati listrik terhadap lemari es.

"Selamat pagi teman-teman, terkait terhentinya aliran listrik, jutaan kulkas tak berfungsi," tulis Anies Baswedan, Senin (5/8/2019).

Oleh karena itu, Anies mengimbau masyarakat untuk memeriksa makanan yang disimpan di lemari es sebelum mengonsumsinya.

"Periksa dulu makanan/minuman di kulkas, pastikan jangan ada yang mengkonsumsi makanan/minuman yang telah basi," lanjutnya.

Padamnya listrik selama berjam-jam sejak kemarin siang memang berdampak pada kehidupan sehari-hari, terutama masalah makanan yang disimpan di kulkas ini.

Ilustrasi makanan dalam kulkas. (Shutterstock)
Ilustrasi makanan dalam kulkas. (Shutterstock)

Berdasarkan Mayo Clinic, sisa makanan yang disimpan di dalam kulkas dapat bertahan hingga tiga hingga empat hari. Setelah jumlah hari tersebut risiko keracunan makanan akan meningkat.

Sedangkan jika mati listrik, melansir foodsavety.gov, lemari es akan tetap menjaga makanan tetap dingin hingga empat jam jika pintu tetap tertutup.

Freezer akan tetap menjaga suhunya hingga 48 jam jika isinya penuh. Dan hanya akan bertahan 24 jam jika isinya setengah penuh.

Jika freezer Anda tidak penuh, kelompokkan paket sehingga mereka membentuk seperti 'igloo' (rumah dari es) untuk saling melindungi suhu.

Tempatkan makanan di satu sisi atau di atas nampan sehingga jika mereka mulai mencair, cairan tidak akan mengenai makanan lain.

Jika pemadaman berlangsung lama, beli lah es atau balok es untuk menjaga kulkas sedingin mungkin.

Setelah listrik kembali hidup, periksa suhu di dalam lemari es dan freezer. Buang makanan busuk, seperti daging unggas atau daging merah, makanan laut, telur atau sisa makanan yang sudah menghangat di atas suhu 4,5 derajat Celcius.

Hal yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi makanan secara terpisah. Buang makanan yang memiliki bau, warna, tekstur yang tidak biasa, atau terasa hangat saat disentuh.

Berita Terkait

Berita Terkini