Sabtu, 24 Agustus 2019

Olahraga di Pagi Hari Lebih Efektif Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Waktu dalam berolahraga memengaruhi asupan kalori seseorang?

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Ilustrasi olahraga, angkat beban. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi olahraga, angkat beban. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Anda lebih suka berolahraga pagi hari atau malam hari? Waktu olahraga ternyata berpengaruh terhadap hasil penurunan berat badan lho!

Berdasarkan analisis yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity pada Juli lalu menunjukkan, orang yang konsisten berolahraga sebelum siang hari lebih banyak menurunkan berat badan daripada yang berolahraga lebih dari jam 3 sore atau memvariasikan jadwal mereka.

Penelitian ini dilakukan kepada 88 peserta pria dan wanita yang berusia 18 hingga 39 tahun dan dilakukan selama periode 10 bulan. Peserta melakukan olahraga rutin lima hari seminggu di berbagai kesempatan.

Sebagian besar olahraga yang mereka lakukan adalah berjalan kaki atau berlari di atas treadmill yang dirancang untuk membakar sejumlah kalori.

Menurut Erik Willis, analis data dan ahli fisiologiolahraga di University of North Carolina di Chapel Hill, penelitian ini dapat memiliki implikasi penting bagi orang yang berusaha menurunkan berat badan.

"Informasi seperti ini dapat membantu menyesuaikan rutinitas harian orang-orang di masa depan," katanya, melansir INSIDER.

Studi ini juga mengungkapkan bagaimana waktu olahraga tampaknya memengaruhi asupan kalori seseorang secara keseluruhan dan aktivitas non-olahraga.

Lari adalah salah satu  olahraga yang dapat mendongkrak kualitas sperma. (Shutterstock)
Lari adalah salah satu olahraga yang dapat mendongkrak kualitas sperma. (Shutterstock)

Orang-orang yang berolahraga lebih awal cenderung makan sedikit lebih sedikit dan bergerak sedikit lebih banyak daripada rekan-rekan mereka yang berolahraga di waktu lain.

Meskipun perbedaannya kecil, setara dengan sekitar 50 hingga 100 kalori sehari, Willis mengatakan, selama 10 bulan itu terlihat ada penurunan berat badan secara signifikan.

Di sisi lain Willis menjelaskan, untuk menurunkan berat badan sebenarnya adalah aktivitas yang dilakukan secara konsisten.

Gambaran besarnya dan poin utamanya adalah, walaupun ini merupakan temuan yang menarik, aktivitas apa pun dan melakukannya secara konsisten adalah kuncinya," tutur Willis.

Sementara olahraga di pagi hari mungkin yang terbaik dalam menurunkan berat badan, waktu lainnya mungkin memiliki keuntungan lebih baik yang lain.

Misalnya penelitian pada tikus menunjukkan berolahraga di malam hari merupakan waktu terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Terkait

Terkini