Sabtu, 24 Agustus 2019

Selalu Minum Teh Setiap Hari? ini Efeknya pada Tubuh Anda!

Minum teh setiap hari ternyata tidak memberikan efek buruk seperti minum kopi.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi minum teh (Pixabay/Raychan)
Ilustrasi minum teh (Pixabay/Raychan)

Himedik.com - Beberapa orang mungkin khawatir jika kebiasaan minum teh setiap hari. Karena teh termasuk minuman berkafein seperti kopi. Tetapi, faktanya tidak seburuk minuman kopi.

Kebiasaan minum teh setiap hari bisa membantu semua organ berfungsi dengan baik. Apalagi teh tanpa pemanis buatan yang kaya antioksidan untuk mencegah penyakit kronis dan memperbaiki sel-sel tubuh.

"Teh berasal dari tanaman camellia sinensis yang mengandung antioksidan (katekin) dan epigallocatechin gallate," kata Anthony Kouri, seorang ahli bedah ortopedi di Ohio dikutip dari Reader's Digest.

Menurutnya, kandungan dalam teh tersebut dapat membantu menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh dan mengurangi peradangan. Adapun beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh jika Anda minum teh setiap hari.

1. Menurunkan risiko kanker

Kandungan antioksidan dan senyawa dalam teh juga menurunkan risiko kanker tertentu, seperti kanker prostat, kulit, paru-paru, dan payudara.

Terutama teh hitam yang telah dipercaya dapat menurunkan risiko kanker kulit. Karena teh hitam panas bermanfaat untuk karsinoma kulit skuamosa.

Ilustrasi teh hitam (shutterstock)
Ilustrasi teh hitam (shutterstock)

2. Menurunkan risiko diabetes

Minum teh setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan membantu mengendalikan gula darah setelah makan.

Menurut sebuah penelitian di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, teh hitam dapat menurunkan gula darah, termasuk setelah mengonsumsi makanan yang mengandung sukrosa.

3. Gigi lebih kuat

Sebuah penelitian dalam Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, teh hijau memiliki efek antibakteri yang bisa mengurangi bakteri pembentuk rongga di mulut.

Minum teh hijau setiap hari juga bisa membuat gigi berlubang tidak terlalu parah.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Ilustrasi minum teh. (Sumber: Shuttertstock)
Ilustrasi minum teh. (Sumber: Shuttertstock)

Kafein dalam teh juga membantu meningkatkan ketajaman mental, metabolisme tubuh dan pembakaran lemak. Tetapi, Anda tetap saja harus membatasi asupan kafein harian.

Secangkir teh hijau diperkirakan mengandung sekitar 40 miligram kafein. Asupan kafein harian Anda hanya bisa sebatas 300 hingga 400 miligram.

5. Meningkatkan kualitas tidur (mengatasi insomnia)

Menurut sebuah penelitian di Integrative Medicine Research, minum teh dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan hidup seseorang yang mengalami insomnia ringan hingga sedang.

Kafein dalam teh dapat meningkatkan perhatian dan kewaspadaan Anda. Selain itu, teh juga bisa meningkatkan perhatian dengan mengendurkan otak.

Terkait

Terkini