Sabtu, 07 Desember 2019

Cara Membersihkan Rumah Seperti ini Justru Menyebabkan Penyakit!

Ada beberapa cara yang salah dalam membersihkan rumah yang justru dapat membahayakan kesehatan

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Ilustrasi mengajak pasangan terlibat membersihkan rumah. (pixabay/pascalhelmer)
Ilustrasi mengajak pasangan terlibat membersihkan rumah. (pixabay/pascalhelmer)

Himedik.com - Terkadang membersihkan rumah bisa berdampak negatif pada kesehatan apabila dilakukan dengan cara yang salah.

Melansir Mirror, ahli kebersihan Ralitsa Prodanova dari firma pembersih rumah Fantastic Services memberi tahu 10 kesalahan teratas yang mungkin sering dilakukan di rumah.

1. Menggosok spora hitam

Tidak ada yang ingin rumahnya berjamur, tetapi menggosok spora bisa sangat berbahaya.

“Jamur hitam yang tumbuh di dinding lembap seringkali sangat beracun. Cetakan organik yang hidup ini dapat mengirim spora ke udara, yang menyebar seperti virus."

Menurut Ralitsa, cara paling aman untuk membersihkan jamur ini adalah dengan menggunakan masker pelindung atau sarung tangan.

“Cara paling efektif untuk memerangi jamur adalah dengan menuangkan pemutih ke dalam botol penyemprotan, sebelum menutupi area berjamur dan membiarkan pemutih bekerja selama 30 menit. Buka semua jendela untuk memungkinkan asap beracun keluar dan bersihkan dan bilas area itu.”

Ilustrasi kegiatan bersih-bersih. (Shutterstock)
Ilustrasi kegiatan bersih-bersih. (Shutterstock)

2. Melewatkan alat olahraga

“Ada banyak penelitian tentang bakteri yang mengintai pada peralatan olahraga. Dan, seringkali, peralatan olahraga mengandung lebih banyak kuman daripada toilet, termasuk toilet yang dapat menyebabkan bisul, eczma, jerawat dan rosacea, dan juga superbug yang ditakuti, MRSA," ujar Ralitsa.

3. Reaksi kimia

Jangan mencampur produk pembersih, sebab ini menjadi sangat berbahaya.

“Hal utama yang harus diperhatikan adalah mencampur pemutih dengan zat lain. Pemutih dan pembersih berbasis amonia apa pun adalah dilarang, karena berpotensi dapat menghasilkan gas beracun yang bahkan dapat terbukti mematikan dalam beberapa keadaan," jelas Ralitsa.

Sementara itu, pemutih dan cuka juga bisa melepaskan gas yang bisa menyerang saluran udara Anda.

4. Membuka penutup toilet

Meski kamar mandi bersih, tetapi ketika Anda tidak menutup toilet ketika menyiram sama saja Anda menyebarkan bakteri ke udara.

“Setiap kali Anda menyiram toilet, partikel kotoran terlempar ke udara. Bio-aerosol ini bisa sangat berbahaya, dan tetesan air di udara sering terkontaminasi oleh virus dan bakteri," lanjut Ralitsa.

Partikel-partikel berbahaya ini dapat bertahan di udara selama sekitar 30 menit dan, yang mengkhawatirkan, penelitian telah menunjukkan bahwa E. coli dan norovirus dapat ditularkan dengan cara ini.

Terkait

Terkini