Minggu, 20 Oktober 2019

Ketahui tentang Air Hidrogen dan Manfaatnya untuk Tubuh

Air hidrogen disebut baik untuk kesehatan jantung.

Vika Widiastuti
<p><a href=Ilustrasi air minum (Pixabay/congerdesign)

">

Himedik.com - Tahukah Anda tentang air hidrogen? Ya, air hidrogen merupakan air biasa yang mengandung molekul hidrogen tambahan. Manfaatnya masih menjadi perdebatan, tetapi air ini diklaim bisa mencegah stres oksidatif hingga kerusakan sel

Banyak anggapan yang menyatakan bahwa air hidrogen bermanfaat untuk kesehatan. Namun, para kritikus menyatakan, air hidrogen sebagai produk yang mahal yang kurang bermanfaat.

Akan tetapi, ada beberapa penelitian yang berfokus pada efeknya. Dilansir dari medicaldaily, berikut beberapa manfaat dari air hidrogen.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah studi di China melaporkan bahwa konsumsi air hidrogen selama 10 minggu bisa mengurangi kadar kolesterol pada orang yang mengalami sindrom metabolik. Selain itu, air hidrogen juga disebut bisa mengurangi peradangan dan meningkatkan kolesterol baik untuk mendukung kesehatan jantung, menurut DrAxe.com.

Kesehatan jantung. (Shutterstock)
Kesehatan jantung. (Shutterstock)

 

2. Meningkatkan kinerja

Para peneliti di Italia menemukan bahwa air yang terhidrogenasi bekerja lebih baik dibanding air biasa untuk meningkatkan kinerja fisik pengendara sepeda selama berolahraga. Studi lain mengungkapkan bahwa atlet bisa memulihkan otot lebih cepat setelah minum air hidrogen.

3. Atasi stres oksidatif

Hidrogen dikenal bermanfaat untuk mencegah stres oksiatif karena antioksidan bisa membantu menetralisir radikal bebas dan menghalangi kerusakan sel.

Selain itu, antioksidan juga bisa mencegah panyakit jantung, diabetes, dan kanker.

4. Suasana hati lebih baik

Air hidrogen bisa meningatkan kesehatan mental dan suasana hati. Dalam sebuah studi, peneliti di Jepang menemukan bahwa mengonsumsi air hidrogen selama empat minggu bisa memengaruhi sistem saraf pusat untuk meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan, hingga meningkatkan fungsi saraf.

Meski dilaporkan memiliki banyak manfaat, mengonsumsi air hidrogen bukan tanpa risiko. Namun, peneliti belum menentukan efek jangka panjang yang kemungkinan timbul.

Beberapa ahli mengatakan bahwa penelitian di masa depan harus fokus pada efek samping air hidrogen potensial dan bagaimana produk tersebut secara langsung memengaruhi tubuh.

Terkait

Terkini