Kamis, 17 Oktober 2019

Jangan Diabaikan, Urine Berbau Amis Bisa Jadi Tanda Masalah Ini

Urine berbau dapat dijadikan tanda kondisi tertentu. Apa saja?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
Pria buang air kecil. (iStock)
Pria buang air kecil. (iStock)

Himedik.com - Biasanya bau urine sangat tak kentara. Hanya saja dalam beberapa kondisi, bau urine dapat berubah atau berfluktuasi karena beberapa alasan. Bahkan, terkadang urine bisa berbau amis.

Walaupun ini biasanya bersifat sementara dan mudah diatasi, kadang-kadang bisa menjadi tanda dari kondisi mendasar yang membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Melansir Healthline, berikut beberapa alasan urine berbau amis atau seperti 'ikan asin'.

1. Makanan dan dehidrasi

Urine mengandung beberapa senyawa kimia dari makanan yang dikonsumsi. Senyawa ini bakal membawa sebagian aroma makanan ke dalam urine.

Jadi, tak heran jika setelah mengonsumsi ikan urine Anda akan berbau amis. Selain ikan, urine berbau amis bisa karena kafein, asparagus serta kecambah dan kubis Brussel.

Dehidrasi juga bisa menyebabkan atau memperburuk bau amis dalam urine. Saat Anda mengalami dehidrasi, ada sedikit air untuk melarutkan konsentrasi bahan kimia sehingga membuat urine berbau lebih kuat.

Jangan Diabaikan, Urine Berbau Amis Bisa Jadi Tanda Masalah Ini - 1
Ilustrasi pria buang air kecil (Shutterstock)

2. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

ISK bisa menyebabkan bakteri dari infeksi mencemari urine. Hal ini lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria.

Gejala lainnya termasuk:

3. Vaginosis bakteri

Vaginosis bakteri terjadi saat ada terlalu banyak bakteri 'jahat' di dalam vagina, mengganggu keseimbangan bakteri 'baik' dan 'jahat'.

Hal ini bisa menyebabkan keputihan yang berbau keabu-abuan dan berbau amis yang mungkin terlihat saat buang air kecil. Namun, beberapa wanita yang mengalami kondisi ini tidak menunjukkan gejala apapun.

Jangan Diabaikan, Urine Berbau Amis Bisa Jadi Tanda Masalah Ini - 2
Ilustrasi buang air kecil (Shutterstock)

4. Batu Ginjal

Batu ginjal yang bergerak ke dalam atau dari ginjal bisa menyebabkan infeksi di suatu tempat di saluran kemih.

Infeksi ini bakal memengaruhi urine, dan bisa menyebabkannya berbau seperti ikan. Ini juga dapat menyebabkan darah dalam urine atau urine berkeruh.

Batu ginjal bisa menyebabkan nyeri hebat yang menjalar dari samping dan kembali ke arah pangkal paha. Rasa sakit ini bakal datang dalam gelombang dan berfluktuasi dalam intensitas. Ini dapat menyebabkan muntah dan mual yang parah.

Terkait

Terkini