Minggu, 20 Oktober 2019

Khawatir Bakteri Menyebar, Denada Bagikan Tips Mengolah Daging Ayam!

Ia memutuskan untuk tidak mencuci daging ayam mentah sebelum dimasak.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Denada (Wahyu Tri Laksono/Suara.com)
Denada (Wahyu Tri Laksono/Suara.com)

Himedik.com - Ayam menjadi bahan makanan favorit untuk diolah menjadi berbagai macam hidangan. Namun, tak sedikit orang yang masih mengolahnya secara kurang tepat.

Sama halnya dengan Denada. Awalnya ia pun belum tahu cara mengolah ayam, apalagi saat itu ia menyajikannya untuk putrinya yang sedang menjalani perawatan leukemia, Shakira Aurum.

Setelah melakukan pencarian tentang cara mengolah yang benar, ia memutuskan untuk tidak mencuci daging ayam mentah sebelum dimasak.

Ia pun menjelaskan hasil pencariannya itu melalui vlog yang diunggah di kanal YouTube miliknya pada 11 Agustus 2019 lalu.

"Dan ternyata dari yang aku baca, memang betul kebanyakan, ahli-ahli kesehatan mereka memberikan saran untuk tidak mencuci ayam mentah sebelum dimasak," jelas Denada.

Denada menjelaskan cara mengolah ayam (YouTube/Denada)
Denada menjelaskan cara mengolah ayam (YouTube/Denada)

Mantan istri Jerry Aurum itu melanjutkan, menurut para ahli, daging ayam mentah masih mengandung banyak bakteri yang tidak baik jika masuk ke tubuh manusia.

"Misalnya nih, bayangkan. Pada saat dia (daging ayam mentah) dicuci, nyucinya di sini kan (tempat cuci piring). Maka pada saat air terkena ayam, pastikan airnya menyiprat-nyiprat kan, ke mana-mana kan."

"Nah, cipratan air tersebut akan menyebabkan bakteri yang ada di ayam tersebut menjadi nyebar ke tempat cuci piring, juga ke tempat sekitarnya," jelas Denada sambil memperlihatkan dapur putihnya.

Ia kemudian menjelaskan, cara paling ampuh untuk mematikan bakteri pada daging ayam mentah adalah dengan memasaknya dalam suhu tinggi.

"Dan lagi, bakteri-bakteri di ayam tidak bisa mati dengan air. Satu-satunya jalan untuk mematikan bakteri-bakteri itu adalah suhu tinggi. Jadi, menurut mereka, yang harus kamu lakukan adalah buka ayamnya, langsung masak di suhu tinggi. Pastikan ayam itu mateng secara sempurna," lanjutnya lagi.

Ilustrasi mencuci daging ayam (Shutterstock)
Ilustrasi mencuci daging ayam (Shutterstock)

Penjelasan Denada ini rupanya didukung oleh keterangan cara mengolah ayam yang disarankan National Health Service (NHS) Inggris.

Menurut laporan NHS, mencuci ayam mentah sebelum dimasak dapat meningkatkan risiko keracunan makanan dari bakteri campylobacter.

Keracunan Campylobacter dapat menyebabkan sakit perut, diare parah, dan kadang-kadang muntah antara dua hingga lima hari.

NHS juga menyarankan untuk langsung mencuci peralatan memasak yang baru saja dipakai untuk mengolah daging ayam mentah.

Setelahnya, jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun serta air hangat.

Terkait

Terkini