Kamis, 17 Oktober 2019

Bisa Perbaiki Fungsi Paru-paru, Tomat Baik untuk Mantan Perokok

Tomat mampu memperlambat penurunan fungsi paru-paru perokok.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Ilustrasi tomat (pIxabay/Couleur)
Ilustrasi tomat (pIxabay/Couleur)

Himedik.com - Rokok dapat menyebabkan dampak buruk pada sebagian besar organ tubuh. Mulai dari mulut, jantung bahkan hingga ginjal.

Salah satu organ yang paling terpengaruh adalah paru-paru. Batuk, mengi dan asma hanyalah masalah awal dari dampak merokok.

Dilansir dari NHS, merokok pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit fatal seperti pneumonia, emfisema, dan kanker paru-paru.

Jadi, tidak ada kata terlambat bagi Anda yang ingin berhenti merokok sekarang sebelum kondisi kesehatan semakin parah akibat rokok.

Bagi mantan perokok, tomat dinilai dapat bermanfaat bagi kesehatan paru-paru, melansir Medical News Today.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore, mengonsumsi buah-buahan, terutama tomat dan apel, dapat memperlambat penurunan fungsi paru-paru di kalangan mantan perokok selama 10 tahun.

Ilustrasi perokok (Shutterstock)
Ilustrasi perokok (Shutterstock)

"Studi ini menunjukkan bahwa diet (pola makan) mungkin membantu memperbaiki kerusakan paru-paru pada orang yang berhenti merokok," kata Vanessa Garcia-Larsen, asisten profesor di Departemen Kesehatan Internasional Bloomberg School dan penulis utama studi ini.

"Ini juga menunjukkan bahwa diet yang kaya buah-buahan dapat memperlambat proses penuaan alami paru-paru bahkan jika Anda tidak pernah merokok," lanjutnya.

Dibandingkan dengan orang dewasa yang mengonsumsi kurang dari satu porsi tomat per hari, mereka yang makan lebih dari dua tomat mengalami penurunan fungsi paru yang lebih lambat.

Temuan ini menunjukkan bahwa mungkin ada komponen tertentu dalam tomat segar dan apel yang membantu memperbaiki kerusakan paru-paru akibat merokok.

Terkait

Terkini