Minggu, 20 Oktober 2019

Viral Kisah KKN di Desa Penari, ini Efek Mendengar Cerita Horor pada Tubuh!

Efek mendengar cerita horor seperti KKN di Desa Penari pada kesehatan tubuh.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Poster film cerita horor KKN di Desa Penari (Instagram/@Igtainment)
Poster film cerita horor KKN di Desa Penari (Instagram/@Igtainment)

Himedik.com - Ketika Anda merasa takut, biasanya tubuh akan merinding. Begitu pula ketika Anda mendengar maupun membaca cerita horor seperti KKN di Desa Penari yang viral di media sosial setelah diunggah oleh akun Twitter Simple Man.

Kisah mistis KKN di Desa Penari ini tengah menjadi sorotan warganet. Cukup banyak yang membagikan responsnya setelah membaca cerita mistis tersebut.

Tetapi, apakah membaca cerita atau menonton film horor memberikan manfaat baik untuk kesehatan?

Jika Anda pernah merasa detak jantung bergerak lebih cepat ketika menonton maupun membaca cerita horor. Melansir dari Time, ternyata hal tersebut memberikan manfaat pada kesehatan, seperti pembakaran kalori dan membuat suasana hati menyenangkan.

Menurut Richard Mackenzie, peneliti di Universitas Roehampton di London, stimulus yang penuh tekanan ketika menonton film horor ini menyebabkan pelepasan hormon adrenalin. Hormon inilah yang memicu respons melawan atau lari pada sistem saraf.

Sama halnya dengan detak jantung Anda yang berdegup kencang, respons ini juga menarik energi cadangan dari tubuh.

Ilustrasi orang ketakutan. (Shutterstock)
Ilustrasi orang ketakutan. (Shutterstock)

 

Sebuah studi tahun 2003 dari Universitas Coventry di Inggris juga menemukan bahwa mendengarkan atau menonton film horor secara signifikan meningkatkan tingkat sirkulasi sel darah putih yang melawan penyakit dan infeksi.

Tim studi juga menguji kemampuan film horor dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dalam jangka pendek. Sepertinya, lebih tepat jika film horor dianggap sebagai "stres yang baik".

"Penelitian yang dilakukan oleh kami juga menunjukkan bahwa rangsangan negatif dengan rangsangan tinggi meningkatkan suasana hati secara signifikan," kata Margee Kerr, seorang peneliti sosiologis.

Karena itu, mereka menganggapnya ketakutan juga bisa meningkatkan mood seseorang. Tidak hanya ketika menonton film horor, tetapi juga saat mendengarkan, membaca, melihat atraksi horor atau berkunjung ke wahana hantu.

Kerr juga menambahkan kebanyak orang yang tadinya merasa cemas dan frustasi akan lebih bahagia setelah merasa ketakutan maupun memiliki pengalaman menyeramkan.

Namun, manfaat menonton film horor pada kesehatan dan suasana hati ini tidak berlaku pada anak-anak. Mereka justru bisa memiliki kecemasan residual ketika dewasa dari pengalaman menonton film horor menakutkan.

Terkait

Terkini