Info

Selain Buat Tubuh Lebih Bugar, Berenang Juga Bermanfaat untuk Jantung

Ini 4 cara bagaimana berenang bisa meningkatkan kesehatan jantung Anda!

Vika Widiastuti

Wanita berenang - (Pixabay/jackmac34)
Wanita berenang - (Pixabay/jackmac34)

Himedik.com - Berenang tak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan atau mengencangkan otot, tetapi juga baik untuk kesehatan jantung

Bahkan, seperti dilansir dari thehealthsite, tiga puluh menit berenang setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner pada wanita hingga 30-40 persen dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Selain itu, berenang juga bisa membuat sel-sel yang melapisi arteri lebih fleksibel dan dalam kondisi baik. Ketahui 4 cara bagaimana berenang bisa meningkatkan kesehatan jantung Anda.

1. Meningkatkan detak jantung

Jantung yang memompa lebih banyak darah setiap denyutnya, bisa memasok darah dengan lebih efisien. Jadi, jika detak jantung memiliki waktu istirahat yang lebih rendah berarti Anda kurang berisiko mengalami penyakit jantung. Perenang memiliki waktu istirahat detak jantung rendah, yaitu 40 detak jantung per menit. Untuk rata-rata orang, detak jantung istirahat adalah 60-70 detak per menit.

2. Menurunkan tekanan darah

Berenang merupakan latihan aerobik. Hal ini bisa memperkuat jantung dan memungkinkan lebih banyak aliran darah. Anda bisa berenang selama 30 menit per hari untuk mendapatkan manfaat dari berenang, terutama untuk menurunkan tekanan darah.

Berolahraga selama 2,5 jam per minggu sudah cukup untuk menjaga kesehatan jantung, menurut studi.

Anda harus tahu berenang di air dingin ternyata bisa meredakan depresi. (Shutterstock)
Ilustrasi berenang. (Shutterstock)

3. Meningkatkan pernapasan

Perenang dapat bernapas lebih cepat dan lebih lama dalam satu tarikan napas daripada kebanyakan orang. Berenang bisa membantu kelompok otot besar dan meningkatkan detak jantung, membuat paru-paru Anda bekerja lebih efisien. Semakin banyak Anda benerang, detak jantung akan meningkat.

Kesehatan jantung. (Shutterstock)
Kesehatan jantung. (Shutterstock)

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Berenang bermanfaat meningkatkan denyut jantung dan demikian meningkatkan pasokan darah dalam tubuh. Sirkulasi yang meningkat bisa membantu mengurangi rasa mati rasa dan kesemutan.

5. Meningkatkan metabolisme

Berenang bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Berenang selama 30 menit per hari setara dengan 45 menit latihan.

Berita Terkait

Berita Terkini