Selasa, 17 September 2019

Praktikkan Sekarang! Ini 5 Cara Cegah Silent Stroke

Stroke berulang bisa secara bertahap berdampak pada sistem neurologis hingga menyebabkan masalah memori dan masalah emosional.

Vika Widiastuti
Ilustrasi stroke (Pixabay/VSRao)
Ilustrasi stroke (Pixabay/VSRao)

Himedik.com - Silent stroke merupakan salah satu penyakit mematikan. Bahkan penderitanya tidak menyadari kondisi mereka karena tidak ada tanda apapun awalnya.

Penyakit ini biasanya terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu. Stroke berulang bisa secara bertahap berdampak pada sistem neurologis hingga menyebabkan masalah memori, masalah emosional, dan saat Anda membuat keputusan.

Parahnya, tidak ada cara untuk mengembalikan kerusakan permanen yang terjadi pada otak akibat stroke. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan langkah-langkah pencegahan.

Berikut beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan dilansir dari thehealthsite.

1. Mengontrol tekanan darah

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Stroke, tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko orang terkena stroke.

Ilustrasi hipertensi, tekanan darah. (Shutterstock)
Ilustrasi hipertensi, tekanan darah. (Shutterstock)

 

2. Olaharaga teratur

Menurut para ahli, melakukan olahraga ringan hanya 30 menit selama lima hari dalam seminggu bisa mengurangi risiko terkena silent stroke hingga 40 persen.

3. Kurangi asupan garam

Asupan natrium yang berlebihan bisa meningkatkan potensi mengalami tekanan darah tinggi dan silent stroke.

4. Kelola berat badan

Mempertahankan berat badan seimbang akan membantu Anda tetap bugar dan mencegah kemungkinan terkena silent stroke.

5. Berhenti merokok

Saat Anda merokok, bahan beracun akan terakumulasi di arteri Anda hingga menghalangi pasokan darah ke otak. Hal ini bisa menyebabkan silent stroke.

Terkait

Terkini