Info

Pria Harus Tahu, Konsumsi Jamur Kurangi Risiko Kanker Prostat!

Jangan ragu-ragu untuk makan jamur ya!

Vika Widiastuti

Ilsutrasi jamur. (Pixabay/Pexels)
Ilsutrasi jamur. (Pixabay/Pexels)

Himedik.com - Jamur memiliki segudang manfaat kesehatan untuk tubuh. Mulai dari kaya akan antioksidan hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Bahkan studi terbaru mengungkapkan, konsumsi jamur oleh pria paruh baya dan lanjut usia dapat mengurangi risiko kanker prostat. Studi ini diterbitkan dalam International Journal of Cancer.

Dilansir dari thehealthsite, studi ini melibatkan 36.499 pria yang berusia 40 hingga 79 tahun. Mereka berpartisipasi dalam Miyagi Cohort Study pada 1990 dan Ohsaki Cohort Study pada 1994 dan diikuti selama rata-rata 13,2 tahun.

Selama penelitian, 3,3 persen peserta mengalami kanker prostat.  Dibandingkan orang yang mengonsumsi jamur kurang dari sekali per minggu, konsumsi sekali atau dua kali seminggu dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat sebanyak 8 persen.

Sementara, konsumsi tiga kali atau lebih perminggu dikaitkan dengan penurunan risiko sebanyak 17 persen.

Ilustrasi gangguan prostat. (Shutterstock)
Ilustrasi gangguan prostat. (Shutterstock)

"Karena informasi tentang spesies jamur tidak dikumpulkan, sulit untuk mengetahui jamur spesifik mana yang berkontribusi pada temuan kami. Juga mekanismes efek menguntungkan jamur pada kanker prostat tetap tidak pasti," terang pemimpin penulis Shu Zhang, PhD dari sekolah Kesehatan Masyarakat di Tohoku University, Jepang.

Berita Terkait

Berita Terkini