Selasa, 17 September 2019

Enggak Ribet, 5 Makanan Ini Bisa Kembalikan Warna Putih Gigi!

Secara umum, noda gigi terbagi menjadi dua, yaitu noda ekstrinsik dan noda intrinsik, apa itu?

Vika Widiastuti
Ilustrasi gigi. (Pixabay/geralt)
Ilustrasi gigi. (Pixabay/geralt)

Himedik.com - Setiap orang pasti ingin memiliki gigi yang bersih dan putih. Namun, makanan yang dikonsumsi tanpa disadari bisa menyebabkan noda pada gigi. 

Noda gigi biasanya terjadi karena pembusukan enamel gigi, yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Secara umum, noda gigi terbagi menjadi dua, yaitu noda ekstrinsik dan noda intrinsik.

Noda ekstrinsik memengaruhi permukaan enamel gigi. Noda ini disebabkankan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya makanan dan minuman yang asam bisa menyebabkan perubahan warna gigi dengan mengikis enamel dan memudahkan pigmen menempel pada gigi.

Merokok, minum teh, kopi, dan mengunyah tembakau merupakan bagian dari gaya hidup ini. Mengonsumsi makanan dan minuman berwarna gelap, seperti anggur merah, cola, cokelat, dan saus gelap bisa menyebabkan noda pada gigi. Noda ekstrinsik lebih mudah untuk dihilangkan.

Sementara itu, noda intrinsik memengaruhi enamel gigi dari dalam struktur gigi. Karena perubahan ini bersifat internal, sulit untuk dihilangkan berbeda dengan noda ekstrinsik. Obat-obatan tertentu, obat kumur, kemoterapi, dan perawatan radiasi lainnya dapat menyebabkan enamel mengubah struktur di dalam wilayah dentin gigi.

Namun, dilansir dari thehealthsite, berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan kembali gigi putih Anda.

1. Stroberi

Buah stroberi mengandung enzim yang disebut asam malat. Zat alami ini bisa membantu menghilangkan noda gigi. Anda bisa menambahkan strobeli ke dalam salad, mekanan penutup, dan sereal atau meminumnya dalam bentuk jus.

Namun, cara yang paling efektif adalah dengan menumbuk stroberi dan menggosoknya ke gigi Anda.

Ilustrasi stroberi, salah satu buah yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. (Shutterstock)
Ilustrasi stroberi, salah satu buah yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. (Shutterstock)

 

2. Apel

Saat Anda menggigit apel, Anda akan mendengar bunyi. Hal ini menunjukkan bahwa lebih banyak air liur akan dikeluarkan. Seperti yang kita ketahui, air liur berperan sebagai penghilang noda alami.

Apel bisa membunuh bakteri jahat yang menyebabkan noda pada gigi. Jika Anda mengeluarkan air liur ekstra, ini bisa menghilangkan bakteri.

3. Baking soda

Baking soda adalah bentuk garam yang berperan sebagai zat pemutih pada gigi. Anda bisa menggunakan baking soda secara langsung dengan menggosokkannya pada gigi atau mencampurkannya dengan air.

Selain itu, Anda bisa pula menggunakan pasta gigi menggandung baking soda. Namun, hal ini biasanya juga disertai peringatan karena mencampurkannya pada pasta gigi bisa menyebabkan kerusakan pada enamel gigi.

4. Keju dan produk susu lainnya

Keju dan produk susu lainnya bisa membantu memperkuat gigi dan gusi. Semua produk berbasis susu mengandung asam laktat, yang membantu melawan bakteri penyebab pembusukan gigi.

Enggak Ribet, 5 Makanan Ini Bisa Kembalikan Warna Putih Gigi! - 2
Ilustrasi keju. (shutterstock)

 

5. Jeruk

Buah jeruk bisa membantu menetralkan tingkat asam di mulut secara tidak langsung. Namun, gunakan hanya sampai level dinetralkan.

Penggunaan berlebihan justru akan merusak permukaan gigi dan menyebabkan sensitivitas dan pembusukan gigi. Jangan menggunakannya secara langsung karena bisa mengikis lapisan pelindung gigi. Selain itu jeruk juga bisa merangsang produksi air liur.

Terkait

Terkini