Info

5 Kebiasaan yang Sebabkan Pori-pori Besar, Nomor 2 Sering Dilakukan

Segera hindari kebiasaan buruk yang dapat membuat pori-pori tersumbat.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

<p>Tips hilangkan bintil-bintil putih di wajah. (Shutterstock)</p>

Tips hilangkan bintil-bintil putih di wajah. (Shutterstock)

Himedik.com - Beberapa orang memiliki pori-pori yang lebih besar, biasanya yang memiliki jenis wajah berminyak. Namun, pori-pori akan terlihat lebih besar saat tersumbat

Melansir Healthline, pori-pori yang tersumbat biasanya mengandung kombinasi sebum dan sel kulit mati di folikel rambut di bawahnya. Lama kelamaan, ini akan membuat pori-pori lebih terlihat.

Nah, agar tidak terjadi pada Anda, segera hindari kebiasaan buruk di bawah ini yang dapat membuat pori-pori tersumbat hingga terlihat lebih besar yang dilansir dari Womens Health Magazine.

1. Memencet pori-pori atau jerawat

"Ketika Anda memencet dan meregangkan kulit, ini dapat menyebabkan pembentukan garis halus, peradangan, dan iritasi, yang semuanya memengaruhi ukuran pori dari waktu ke waktu," tutur Joel Schlessinger, MD, dokter kulit bersertifikat.

Gerakan dan tekanan yang keras membuat perpindahan minyak, bakteri, dan kotoran lainnya dari tangan ke kulit yang menyebabkan penyumbatan.

2. Sering menyentuh wajah

"Menyentuh wajah Anda setelah sejumlah aktivitas fisik yang dapat menyebabkan minyak, bakteri, virus, alergen, dan kotoran lainnya berpindah ke kulit Anda dan menyumbat pori-pori," kata Schlessinger.

Ilustrasi pori-pori membesar (Freepik/Shampao)
Ilustrasi pori-pori membesar (Freepik/Shampao)

3. Tidak menghapus makeup wajah sebelum tidur

Jika tidak menghapus wajah sebelum tidur memungkinkan riasan, minyak, dan polutan lingkungan yang berkumpul di kulit sepanjang hari meresap ke pori-pori saat tidur.

"Tidak hanya menyebabkan berjerawat dan mempercepat proses penuaan, tetapi juga berkontribusi pada pori-pori yang membesar," tambah Schlessinger.

4. Melewatkan eksfoliasi

Cara terbaik untuk membersihkan pori-pori adalah melalui pengelupasan kulit. Sebab, pembersih tidak sepenuhnya menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk sepanjang minggu.

"Pengelupasan kulit sekali atau dua kali seminggu akan membantu menghilangkan kotoran seperti minyak dan kulit mati, mencegah jerawat, dan membuat pori-pori Anda terlihat lebih kecil," kata Schlessinger.

5. Memakai rias wajah yang salah

Sangat menggoda untuk mencoba menutupi pori-pori besar dengan concealer. Tetapi segala sesuatu yang comedogenic (atau 'pemblokiran pori') akan menyumbat kulit Anda.

"Saya selalu merekomendasikan makeup mineral, terutama untuk pasien saya yang berjerawat. Karena dapat diterapkan pada kondisi kulit seperti jerawat, rosacea, dan psoriasis tanpa menyebabkan iritasi atau efek samping yang berbahaya," kata Schlessinger.

Berita Terkait

Berita Terkini