Selasa, 31 Maret 2020

Bolehkah Sering Bersihkan Organ Intim Pakai Daun Sirih? Ini Kata Pakar

Kini daun sirih juga sudah disulap dalam bentuk sabun.

Vika Widiastuti
cloud_download Baca offline
Ilustrasi daun sirih. (Shutterstock)
Ilustrasi daun sirih. (Shutterstock)

Himedik.com - Daun sirih memiliki banyak manfaat untuk sehari-hari. Tanaman ini 85-90 persen terdiri dari air dan juga mengandung antioksidan

Perempuan zaman dulu banyak memanfaatkannya untuk menjaga kebersihan miss v. Biasanya daun sirih lebih dulu direbus dan air rebusannya digunakan untuk membasuh area intim. Kini daun sirih juga sudah disulap dalam bentuk sabun.

Dr. Susie Rendra, Sp. KK Spesialis Kulit dan Kelamin mengatakan pada dasarnya ia tidak melarang penggunaan air rebusan atau sabun daun sirih untuk miss v, tapi ia melarang untuk dipakai setiap hari.

Ilustrasi miss v

"Daun sirih untuk miss v kalau dibilang boleh dipakai, ya boleh, tapi nggak boleh rutin. Jadi kalau lagi keputihan banyak, kita pengen dikeringin kan jadi sekali okelah pakai sabun daun sirih," ujar Dr. Susie dalam acara diskusi media 'Kulit Sehat di Usia Senja' oleh RS Pondok Indah Group, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019) diberitakan Suara.com.

Alasan Dr. Susie melarang air atau sabun daun sirih digunakan setiap hari, karena kandungan tanaman tropis itu bisa membuat area di sekitar miss v kering dan pH (kadar keasaman) menjadi tidak seimbang. Padahal keseimbangan pH yang rendah sangat diperlukan untuk mencegah berkembangnya bakteri tertentu.

"Tapi kalau dipakai rutin, padahal tidak ada problem lama-lama kulit miss v akan bisa kering nanti. Jadi nggak boleh dipakai over use, jadi nggak boleh berlebihan, akan bikin kulit kering akhirnya gatal juga," jelasnya.

"Ingat, kenapa dengan pH rendah itu penting, karena dengan pH rendah itu menghalangi pertumbuhan jamur-jamur atau bakteri yang berbahaya di miss v, jadi pH yang rendah itu membuat kulit lebih sehat juga," lanjutnya.

Sekedar informasi kadar pH pada organ intim jauh lebih rendah dibandingkan kadar pH dibandingkan bagian tubuh lainnya. Jika pH kulit di luar miss V normalnya berkisar 7 ke atas. Sedangkan normalnya kadar pH di area kewanitaan berkisar  3,8 hingga 4,5. (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Terkait

Terkini