Kamis, 17 Oktober 2019

Duduk Sepanjang Hari di Depan Komputer? 7 Hal Ini Bantu Anda Tetap Sehat!

Coba posisikan laptop dengan benar dan lakukan 6 cara lainnya ini!

Vika Widiastuti
Ilustrasi pekerja kantoran (Pixabay/hamonazaryan1)
Ilustrasi pekerja kantoran (Pixabay/hamonazaryan1)

Himedik.com - Apakah Anda termasuk orang yang mengahbiskan 8-10 jam per hari duduk di depan komputer? Hal tersebut sebenarnya memang tak baik untuk kesehatan

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menjalani gaya hidup sehat ketika pekerjaan membuat Anda harus duduk di depan meja komputer seharian.

Berikut beberapa tips yang membantu Anda tetap sehat meski duduk di depan komputer selama 8-10 jam perhari, yang dilansir dari timesofindia.

1. Posisikan laptop dengan tepat

Jika garis pandang Anda dengan laptop terlalu ke bawah, Anda rentan mengalami sakit punggung dan leher. Sementara jika Anda menatap terlalu ke atas, akan menyebabkan mata kering.

Oleh karena itu, penting untuk mengatur laptop dalam posisi yang pas. Anda bisa menggunakan dudukan komputer atau setumpuk buku untuk mengatur posisi laptop sehingga Anda tidak harus melihat ke bawah atau melihat dengan sudut maksimal 10 derajat.

Duduk terlalu lama banyak dilakukan oleh pekerja kantoran. (Shutterstock)
Duduk terlalu lama banyak dilakukan oleh pekerja kantoran. (Shutterstock)

 

2. Tetap terhidrasi

Terkadang "haus" disalahartikan sebagai "lapar" yang membuat Anda makan lebih banyak. Selain itu, terkadang kantuk bisa disebabkan oleh dehidrasi. Untuk itu, penting untuk anda tetap terhidrasi.

3. Hindari menggunakan lift

Jika kantor Anda di lantai dua atau tiga, Anda bisa naik tangga sesering mungkin. Selain itu, jika Anda berkendara ke tempat kerja, pilihlah tempat parkir yang lebih jauh. Hal tersebut membuat Anda memiliki kesempatan untuk berjalan. Sebab, berjalan bisa membantu Anda menjaga sirkulasi otot Anda.

4. Sering berkedip

Menatap komputer, Anda harus sering berkedip untuk menjaga mata. Sebab, menatap komputer membuat Anda berkedip tiga kali lebih jarang dibanding biasanya.

5. Pertahankan postur duduk yang baik

Menurut para ahli, bagian atas layar Anda harus berada pada tingkat yang sama dengan mata Anda agar lebih mudah bagi Anda untuk duduk tegak.

Duduk dengan bahu agak ditarik ke belakang dan rileks. Duduk dengan lengan sejajar agar Anda tidak bersandar saat meraih keyboard.

Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)
Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)

 

6. Sering mencuci tangan

Pastikan, Anda mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Lalu setelah menggunakan toilet, setelah batuk, dan bersin.

7. Atur alarm setiap satu jam

Sangat penting berjalan dan melakukan peregangan. Anda bisa melakukan peregangan setiap jam. Namun jika tidak bisa setiap jam, berjalanlah lebih lama, misalnya saat mengisi botol air minum atau ketika anda ke toilet atau pergi untuk fotokopi.

Terkait

Terkini