Kamis, 17 Oktober 2019

4 Cara Alami untuk Menyeimbangkan Hormon, Enggak Susah!

Jangan khawatir, ada cara alami untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Vika Widiastuti
ilustrasi tidur - (Pixabay/cuncon)
ilustrasi tidur - (Pixabay/cuncon)

Himedik.com - Hormon memiliki peran besar dalam tubuh, terutama untuk memastikan fungsi dan kesehatan tubuh baik. Hormon seperti insulin, estrogen, dopamin, FSH, dan TSH berperan sebagai bahan kimia alami yang mengatur suasana hati, pertumbuhan rambut, berat badan, tingkat kesuburan, energi, hingga tingkat kecemasan.

Sistem endokrin akan bekerja untuk mengendalikan distribusi hormon dan saat ada ketidakcocokan atau kekurangan, bisa menyebabkan masalah kesehatan hingga orang harus mencari perawatan.

Akan tetapi, terkadang perawatan sintetis bisa menyebabkan efek samping, seperti yang terjadi pada beberapa kasus.

Nah, Anda tak perlu khawatir lagi karena sebenarnya ada cara alami untuk menyeimbangkan hormon dan menjaga tubuh agar bekerja dengan baik. Berikut cara menyeimbangkan hormon secara alami yang perlu Anda ketahui dilansir dari timesofindia.

1. Makan dengan benar

Makan yang baik dan sehat bagus untuk tubuh. Namun, saat Anda tidak makan dengan baik, gejala kerusakan pertama akan mumcul pada sistem endokrin.

Untuk memastikan bahwa hormon Anda tidak terlalu aktif atau sebaliknya, penting untuk memiliki nutrisi dan makanan yang tepat. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein, kaya serat, dan mengurangi jumlah karbohidrat dan gula.

Selain itu, penting juga memasukkan lemak sehat ke dalam diet Anda, yang membantu meningkatkan produksi hormon. Hindari juga berlebihan dalam mengonsumsi kafein dan susu karena bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

Anda juga perlu menghindari makan berlebihan atau kurang makan. Diet yang buruk bisa menyebabkan perubahan hormon.

Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa menyebabkan masalah, seperti meningkatkan kadar insulin, produksi kortisol, dan mengurangi metabolisme. Tergantung pada usia, jenis kelamin, dan kesehatan Anda, sangat penting untuk menjaga keseimbangan kalori yang tepat dan makan dengan benar.

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

 

2. Olahraga secara teratur

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga menjaga keseimbangan hormon. Olahraga dipercaya bisa membantu meningkatkan produksi hormon anti-inflamasi dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Latihan seperti aerobik, latihan kekuatan, dan latihan daya tahan baik untuk meningkatkan kadar hormon dan kualitas hidup.

3. Manajemen stres

Stres jika tidak ditangani dengan tepat bisa menjadi kronis hingga kemudian mengganggu produksi hormon. Kortisol dan adrenalin akan terganggu yang jika tidak dikendalikan akan mendatangkan malapetaka.

Manajemen stres dengan melakukan yoga, menggunakan aromaterapi, atau sekadar berolahraga perlu dilakukan untuk menjaga keseimbangan hormon.

Ilustrasi Yoga Panas. [Shutterstock]
Ilustrasi Yoga Panas. [Shutterstock]

 

4. Tidur dengan baik

Pola tidur yang tidak baik juga bisa mengganggu hormon. Saat tidur Anda berkualitas, tubuh akan melawan racun dan mengisi kembali tubuh dengan hormon-hormon penting. Saat Anda tidak mendapatkan tidur yang baik, kesehatan pun akan terganggu.

Bukan itu saja, Anda juga harus memastikan lingkungan tidur nyaman, membatasi waktu menatap layar gadget, mengoptimalkan suhu ruangan, mendukung ritme sirkadian alami tubuh.

Beberapa cara alami di atas akan membantu Anda untuk menyeimbangkan hormon secara alami. Jangan lupa menerapkannya ya!

Terkait

Terkini