Kamis, 17 Oktober 2019

Jadi Simbol Kesuburan, Ketahui Manfaat Buah Quince untuk Kesehatan!

Di India, saat ini quince digunakan untuk membuat obat-obatan alami.

Vika Widiastuti
Buah quince. (Pixabay/HelgaKa)
Buah quince. (Pixabay/HelgaKa)

Himedik.com - Di Indonesia, buah quince jarang ditemui sehingga tak terlalu familiar. Buah ini memiliki bentuk seperti buah pir dan berwarna kuning keemasan ketika matang.

Pada masa kekaisaran Yunani dan Romawi, buah quince dianggap sebagai simbol kesuburan. Di India, saat ini quince digunakan untuk membuat obat-obatan alami.

Namun, yang perlu Anda catat, biji buah ini mengandung nitril yang berbahaya jika dikonsumsi. Biji-biji tersebut bereaksi dengan asam lambung dan menghasilkan gas. Jadi sebelum mengolah quince menjadi jus, salad, atau selai, Anda harus memastikan untuk membuang bijinya.

Berikut beberapa manfaat luar biasa quince yang perlu Anda ketahui.

1. Kaya nutrisi

Buah quince rata-rata memiliki berat 92 gram dan mengandung 52 kalori. Buah ini banyak mengandung serat dan tidak mengandung lemak sehingga bagus untuk menurunkan berat badan.

Beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti vitamin C, vitamin B, zat besi, kalium, magnesium, dan tembaga.

Buah quince. (Pixabay/LoggaWiggler)
Buah quince. (Pixabay/LoggaWiggler)

 

2. Mengatasi peradangan

Quince mengandung antioksidan. Menurut National Institute of Health, Amerika Serikat, quince mengandung antioksidan tinggi seperti quercetin dan kaempferol. Ini bisa mengurangi stres metabolisme, menurunkan peradangan dan melindungi sel terhadap radikal bebas.

3. Mengatasi mual saat hamil

Menurut National Institute of Health, Amerika Serikat, vitamin B6 yang terdapat di quince bisa membantu meringankan gejala di awal kehamilan seperti mual dan muntah. Anda juga bisa mengonsumsi quince dalam bentuk sirup untuk mengurangi dampak mual dan muntah.

4. Mengobati radang lambung

Penelitian terbaru pada tikus mengungkapkan quince bisa melawan H. pylori, bakteri yang menyebabkan radang lambung pada manusia. Masih banyak penelitian yang diperlukan, tetapi penelitian sebelumnya menunjukkan quince bisa membantu mencegah sakit maag.

Ilustrasi sakit maag, sakit perut, gangguan pencernaan. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit maag, sakit perut, gangguan pencernaan. (Shutterstock)

 

5. Mengurangi gejala refluks asam

Menurut National Institute of Health, Amerika Serikat, dosis sirup quince 10 mg setelah makan bisa membantu mengurangi kemungkinan refluks asam lambung.

Penelitian yang dilakukan terhadap 96 anak yang mengalami refluks asam lambung menunjukkan bahwa konsumsi quince membantu meringankan gejala umumnya, seperti muntah, rasa tidak ingin makan, bersendawa, dan sakit perut.

Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan manfaatnya.

Terkait

Terkini